- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     

    Dua Putra Terbaik Keuskupan Ruteng Ditahbis Jadi Imam di Kazakstan

    19 September, 2022, 19 September WIB Last Updated 2022-09-20T05:35:54Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Pater Philip CJD usai ditahbis menjadi imam

     [Congkasae.com/Kereba] Dua orang putra terbaik asal keuskupan Ruteng resmi mengikrarkan janji kaul kekal mereka di luar negeri tepatnya di negara Kazakstan.


    Dua orang imam baru yang berasal dari ordo CJD itu adalah Pater Philip CJD asal paroki Kisol dan pater Agustin CJD, asal paroki Denge mereka ditahbis menjadi imam di gereja Katedral St Perawan Maria dari Fatima di Karaganda, Kazakstan, Minggu (18/9) kemarin.


    Informasi tentang penahbisan dua imam baru itu diketahui dari unggahan video milik kedutaan Besar RI untuk Kazakstan Fadjroel Rahman.


    Dalam unggahannya Dubes RI untuk Kazakstan Fadjroel Rahman yang tampak menghadiri prosesi penahbisan dua WNI itu menyampaikan profisiat atas penahbisan dua orang WNI asal Flores, NTT itu.


    "Proficiat! Menghadiri Pentahbisan dua WNI dari Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia: Pater Philip, CJD dan Pater Agustin, CJD, menjadi Imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Fatima - Bunda Segala Bangsa di Karaganda, Kazakhstan,"tulis Dubes RI untuk Kazakstan Fadjroel Rahman.


    Fadjroel yang tampak didampingi sang isteri yang mengenakan kerudung tampak mengikuti prosesi penahbisan pater Philip CJD dan Pater Agustin CJD dengan kyusuk.


    Selanjutnya Fadjroel mengaku bangga setelah melihat dua orang putra Flores itu berbakti untuk tugas agama di negeri orang.


    "Bangga dan terharu melihat putra- putra Indonesia berkarya bagi agamanya dan kemanusiaan di negeri orang,"kata Dubes RI itu.


    Dalam sambutan singkatnya usai ditahbis menjadi imam, Pater Philip CJD bercerita soal kisah yang dialami keduanya ketika pertama kali menginjakkan kaki di negara Kazakstan.


    Prosesi penahbisan bagi pater Philip dan Pater Agustin

    Pater Philip yang berasal dari paroki Kisol, keuskupan Ruteng itu mengatakan kesulitan awal yang dialami keduanya adalah terkait bahasa, akan tetapi berkat kebaikan bapa uskup dan imam di keuskupan Karaganda Kazakstan masalah tersebut teratasi.


    "Kalaupun kami bicara dalam bahasa inggris sangat sedikit orang yang bisa berbahasa inggris,"kata pater Philip.


    Untuk itu ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan keduanya terutama umat paroki Kisol dan paroki Denge di keuskupan Ruteng.


    "Terima kasih, ende ema ase kae do wone beo, ngaji dite, gesir dite latang ami see tana misi, ai tadang ai deu hoo one main, tapi jangan khawatir mereka ini semua adalah orang tua kami di sini,"cetus pater Philip.


    Prosesi penahbisan Pater Philip CJD dan Pater Agustin CJD tampak dihadiri oleh rekan imam serta umat, yang menariknya Dubes RI untuk Kazakstan Fadjroel Rahman hadir mewakili orang tua bagi keduanya.


    Penulis: Tonny

    BACA JUGA

    Ditahbis di Kazakhstan Dubes RI Dampingi Dua Pastor Asal Keuskupan Ruteng

    Komentar

    Tampilkan


     

     


    Terkini