Jalani Perkuliahan Daring Pertama, Begini Perasaan Mahasiswa UNIFLOR - Congkasae.com

News Update

17 April, 2020

Jalani Perkuliahan Daring Pertama, Begini Perasaan Mahasiswa UNIFLOR

Helen sedang mengikuti perkuliahan daring langsung dari rumahnya, Foto Marselino Ando/Congkasae.com

[Congkasae.com/kreba] Semenjak pemerintah menetapkan kebijakan pembatasan sosial atau social distancing , berbagai aktifitas yang mengundang kerumunan orang banyak mulai dibatasi.

Sejak saat itu aktivitas sekolah dan kampus juga diliburkan pemerintah menetapkan kasus wabah Covid-19 sebagai apa yang disebut darurat Nasional.

Semua aktivitas yang mengundang kerumunan orang banyak dibatasi, termasuk perayaan Paskah, sistem pembelajaran di sekolah-sekolah serta sistem perkuliahan di kampus.

Pemerintah menekankan agar pembelajaran di sekolah-sekolah yang berjalan seperti biasanya dipindahkan ke sistem pembelajaran daring, yang dilakukan secara online.

Sebuah sistem pembelajaran baru yang hadir di era digital dan zaman revolusi industri 4.0.

Seperti yang diterapkan oleh kampus Universitas Flores UNFLOR Ende yang melakukan kuliah daring sejak tanggal 16 maret 2020 melalui aplikasi Class Room dan Zoom.

Untuk mengetahui respons mahasisawa terkait sistem ini, congkasae.com menyambangi kediaman Hellena Setty, salah satu mahasiswi semester VI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas tersebut.

Helen mengatakan jika sistem perkuliahan daring yang diterapkan pihak kampus saat ini cukup berjalan optimal.

Meski mengikuti perkuliahan dari rumahnya di kelurahan Tanah Rata, kecamatan Kota Komba kabupaten Manggarai Timur, ia mengaku waktunya banyak dihabiskan dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosennya dan tidak sempat membantu orang tua.

"Kalau sebelum-sebelumnya momen liburan seperti ini saya selalu meluangkan waktu bantu orang tua di kebun, namun kali ini saya lebih banyak menghabiskan waktu di depan Lap Top untuk mengerjakan dan mengirim tugas,"ungkap Hellena Setty kepada Congkasae.com Marselino Ando di Kisol.

Meskipun situasi perkuliahannya sedikit berbeda dengan perkuliahan normal, namun ia cukup menikmati sistem perkuliahan  daring.

"Sejauh ini saya tidak menemukan kendala yang berarti. Kecepatan akses jaringan internet di sini cukup bagus sehingga semuanya baik-baik saja. Perkuliahan sistem daring mengajarkan saya untuk mandiri dalam belajar," tambahnya.

Meskipun demikian, Helen  merasa rindu untuk berkumpul dan mengikuti aktifitas perkuliahan secara normal bersama dosen dan teman-temannya di kampusnya di Ende.

" Lagi pulah kami bisa sering dan berdebat mengenai mata kuliah secara intens," ungkap mahasiswi yang berusia 22 tahun ini.

Ia berharap bencana covid-19 cepat berlalu dari muka Bumi sehingga sistem perkuliahan bisa normal seperti semula.

Universitas Flores merupakan salah satu Perguruna Tinggi yang menerapkan sistem perkuliahan daring bagi mahasiswanya.

Layanan perkuliahan daring itu mulai diberlakukan semenjak wabah Corona kian mengkhawatirkan.

Penulis: Marselino Ando
Editor: Antonius Rahu

No comments:

Post a Comment