Wabup Stef Jaghur, Pimpin Partai Nasdem Matim - Congkasae.com

News Update

28 September, 2020

Wabup Stef Jaghur, Pimpin Partai Nasdem Matim



[Congkasae.com/Kereba] Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Manggarai Timur dikabarkan telah melakukan pergantian pucuk pimpinan di wilayah Manggarai Timur.


Hal tersebut diketahui menyusul Surat Keputusan DPP Nasdem yang diterima Stef Jaghur dari ketua DPW Nasdem NTT Alex Ofong.


Dalam SK tersebut, jabatan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Matim yang selama ini dipegang oleh Adven Peding kini berpindah ke tangan ke wakil bupati Matim Stefanus Jaghur.


Alex Ofong beralasan perpindahan pucuk pimpinan Nasdem wilayah Matim dari tangan  mantan anggota DPRD Matim Adven Peding ke tangan wabup Stef Jaghur dilakukan demi penataan dan memperkuat soliditas organisasi dalam menjalankan fungsi parpol.


Untuk itu Alex Ofong meminta wabup Stef Jaghur agar segera melakukan konsolidasi organisasi partai Nasdem di wilayah Manggarai Timur.


"Segera lakukan konsolidasi partai, rekrutmen anggota dan lengkapi struktur pengurus kecamatan dan desa,"Pinta Alex ofong ketika melakukan kegiatan serah terima SK di Kupang Senin siang.


Stefanus Jaghur lahir di Manus, Desa Rana Mbeling, kecamatan Kota Komba Utara, kabupaten Manggarai Timur.


Ia menyelesaikan pendidikan Dasar (SD) di SDK Mukun 1 pada tahun 1973, dan melanjutkan pendidikannya di SMP Pancasila Borong (sekarang SMPN 1 Borong).


Pendidikannya terus dikejar hingga bangku kuliah dan berhasil menyandang sarjana dari universitas Nusa Cendana Kupang pada tahun 1986.


Lulus kuliah Stef memutuskan kembali ke kampung halaman dan mengabdi di SMA Pancasila Borong sebagai staf pendidik.


Ia lantas diangkat menjadi PNS dan bekerja sebagai pegawai di kantor BKKBN Manggarai, pada tahun 2004 Bupati Manggarai Antony Bagul Dagur menunjuk Stef Jaghur sebagai sekretaris Camat Borong.


Jabatan itu hanya bertahan selama dua tahun, setelah bupati Manggarai Christian Rotok  mengangkat pria kelahiran Manus itu sebagai camat Borong.


Ketika kabupaten Manggarai Timur resmi dibentuk pada 2007, karir Stef Jaghur pun mulai menanjak, di masa kepemimpinan Yosef Tote jilid I, Stef diangkat menjadi kepala satuan POL PP kabupaten Manggarai Timur.


Tak hanya berhenti di situ, jabatan kepala terus diemban pria kelahiran Manus itu setelah pada 2013 Yosef Tote kembali menaruh jabatan Kepala Dinas Sosial pada pundak Stef Jaghur.


Di masa pemerintahan paket Yoga Jilid II, Stef Jaghur juga dipercaya sebagai kepala Bagian Kepegawaian kabupaten Manggarai Timur.


Keberuntungan selalu berpihak pada pria yang dijuluki bapa Tatan ini, pasalnya di akhir jabatannya sebagai ASN, juga bertepatan dengan Pilkada Manggarai Timur .


Kala itu Yosef Tote akan segera turun tahta setelah 10 tahun memimpin Manggarai Timur. Momentum pikada 2018 itu dimanfaatkan Stef Jaghur untuk maju mendampingi Andreas Agas, wakil bupati Matim era Yosef Tote yang juga maju sebagai calon bupati kala itu.


Andreas Agas yang berdampingan dengan Stef Jaghur maju sebagai salah satu kontestan pilkada Manggarai Timur setelah mendapatkan tiket dukungan PAN, PKS dan PBB.


Keduanya maju sebagai kontestan pilkada Matim dengan nama, paket ASET. 


Di pilkada 2018 ASET harus bekerja ekstra keras merebut mayoritas dukungan suara rakyat Matim menggeser 4 paket lainnya untuk menduduki kursi Matim I dan II


Kerja keras mereka rupanya berbuah manis setalah ASET dinyatakan memenangkan mayoritas dukungan suara di pilkada Matim 2018.


Sejak saat itu Stef Jaghur naik posisi sebagai wakil bupati Manggarai Timur untuk masa jabatan 2018-2023.


Penulis: Tonny Rahu

No comments:

Post a Comment