Pemerintah Bakal Atur Terkait Perayaan Natal Tahun Ini - Congkasae.com

News Update

26 November, 2020

Pemerintah Bakal Atur Terkait Perayaan Natal Tahun Ini

Perayaan paskah di Larantuka/Foto BBC News Indonesia


[Congkasae.com/Kereba] Pemerintah Indonesia melalui Kementrin Agama dikabarkan tengah mempersiapkan sejumlah aturan terkait perayaan Natal tahun 2020.


Dalam keterangan resminya Menteri Agama Fachrul Razi mengutarakan rencana tersebut tengah disusunnya bersama Bimas Katolik dan keristen.


"Kalau ibadah Natal produknya baru kami keluarkan pada akhir minggu ini,"kata Menag Fachrul Razi di Jakarta Rabu kemarin.


Menag Fachrul menambahkan aturan itu bakal tidak jauh berbedah dengan aturan yang diberlakukan bagi umat agama lain di Indonesia.


Ia mencontohkan terkait perayaan Idul Fitri dan Idul Adha yang dirayakan umat muslim yang pada prinsipnya sama yakni terkait kerumunan massa.


"Jangan berkerumun, cek suhu tubuh, jaga jarak pakai masker, itu sama saja,"jelas Fachrul.


Paskah Dirayakan Secara Daring, Prosesi Semana Santa Dibatalkan

Wabah corona telah berimbas pada perayaan keagamaan di semua gereja di Indoensia termasuk gereja-gereja di daratan Flores.


Sebelumnya pada perayaan Paskah Bulan April lalu sejumlah gereja di kawasan Flores membatalkan misa di Gereja yang diganti dengan perayaan daring.


Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 500 tahun, uskup Larantuka bahkan membatalkan prosesi Semana Santa sebuah prosesi arak-arakan patung bayi Tuhan Yesus dan Bunda Maria.


Prosesi tersebut belum pernah absen setiap tahunnya, serta menyedot perhatian para wisatawan manca negara.


Larangan dikeluarkan mengingat bahaya virus corona yang mengancam keselamatan manusia. 


Selain itu uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat yang baru ditunjuk Vatican juga mengeluarkan instruksi terkait perayaan Paskah tahun 2020.


Penulis: Tonny

Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar