- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Persiapan Malam Natal, Gustu Covid Lintas Desa Sisir Gereja Paroki Mbata

    24 Desember, 2021, 24 Desember WIB Last Updated 2021-12-24T07:12:14Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     


    (Congkasae.com/Kereba) Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona lintas Desa di kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, menyisir gereja Paroki Mbata menyusul persiapan perayaan Malam Natal yang jatuh pada Jumat (24/12) malam. 


    Para petugas gabungan dari Desa Mokel Morid dan Desa Rana Mbata langsung menyemprotkan disinfektan di dalam maupun di luar gereja. 


    Hal itu dilakukan untuk memastikan perayaan Natal di gereja itu aman dari sebaran virus Covid-19, serta menjalankan instruksi keuskupan Ruteng. 


    Kepala desa Mokel Morid Bertoldus Dasulastri Sumin mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa Rana Mbata dalam mempersiapkan hal itu. 


    "Tadi sudah kami semprotkan disinfektan baik di dalam maupun di luar gereja, " Kata Kepala Desa Mokel Morid, Bertoldus Dasulastri Sumin di Mbata  Jumat siang. 


    Ia mengatakan selain menyemprotkan cairan disinfektan pihaknya menyediakan alat pengukur suhu tubuh (thermo Gun) serta sarana untuk mencuci tangan di pintu masuk gereja itu. 


    "Jadi semua umat juga diwajibkan memakai masker, " tambah Kades Berto. 


    Kepala Desa Rana Mbata Mikael Agung mengatakan gugus tugas Covid juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada umat yang hendak mengikuti perayaan Misa malam Natal. 


    "Ini  biar semuanya aman apalagi dengan adanya varian Omicron yang mewabah di Eropa dan Afrika, " Kata Mikael Agung. 


    Ia juga menambahkan rencananya gugus tugas covid juga akan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum puncak perayaan Natal yang jatuh pada 25 Desember esok. 


    Diperkirakan ribuan umat paroki Mbata akan memadati gereja Paroki Mbata pada malam Natal yang jatuh pada hari ini Jumat (24/12) malam. 


    Hal tersebut terjadi lantaran beberapa stasi yang berasal dari desa tentangga seperti stasi Watu Mingan di desa Mokel Morid, stasi Munda di desa Gunung Baru serta stasi Nonggu di desa persiapan Beka Lando akan menghadiri perayaan misa di gereja Paroki Mbata. 


    Sebelumnya uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat melalui Vikariat Jendral (Vikjen) Rm Alfons Segar telah mengeluarkan instruksi terkait protokol dan Tata perayaan misa Natal dan Tahun baru. 


    Dalam surat instruksi itu semua gereja di wilayah keuskupan Ruteng meliputi kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur diwajibkan menerapkan protokol Covid. 


    Penulis: Tonny

    Komentar

    Tampilkan


     

     


    Terkini