- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Perayaan Minggu Palma di Paroki Mbata Dibanjiri Umat

    By Antonius Rahu | Editor Tony R
    02 April, 2023, 10:17 WIB Last Updated 2023-04-02T03:31:00Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

     

    Proses perayaan misa minggu Palma di gereja paroki St Theresia Mbata

    [Congkasae.com/Kereba] Umat paroki St Theresia Mbata, kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur memadati gereja pada perayaan Minggu palma yang jatuh pada Minggu 2 April 2023 pagi.


    Perayaan minggu palma bagi umat di paroki Mbata itu diawali dengan upacara pemberkatan daun palem yang bertempat di jalan raya sekitar 400 meter dari gereja paroki.


    Upacara pemberkatan daun palem itu kemudian dilanjutkan dengan perarakan menuju gereja paroki St Theresia Mbata untuk mengawali pekan suci paskah tahun 2023.


    Pastor paroki Mbata Romo Wily Findoro dalam homilinya menekankan pentingnya  pertobatan yang totalitas dalam menyambut pekan suci Paskah pada tahun ini.


    Ia mengatakan peristiwa Yesus yang dielu-elukan ketika memasuki kota Yerusalem sesungguhnya membawa kabar sukacita bagi penduduk kota Yerusalem yang hidup dalam keberdosaan terutama soal keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus.


    "Yerusalem itu sesungguhnya menggambarkan kondisi pribadi dan hati kita saat ini yang penuh dengan dengki, irih dan keberdosaan,"kata pastor paroki Mbata Romo Wily Findoro Pr Minggu (2/4) pagi.


    Ia mengatakan sosok Yudas Iskariot yang menjual gurunya sendiri demi uang dan harta duniawi sangat mudah kita jumpai dalam keseharian kita dewasa ini.


    Selain Yudas, sosok-sosok lain yang dipaparkan dalam injil seperti Pilatus yang mencuci tangan karena tak mau ikut terlibat dalam membela kebenaran juga sering dijumpai di sekitar kita.


    "Ini sangat mudah kita temui dalam keseharian kita, karena itu gambaran dalam kitab suci sebenarnya menggambarkan tentang realitas hidup manusia yang sesungguhnya,"paparnya.


    Untuk itu pastor paroki Mbata itu mengajak umatnya untuk melakukan pertobatan secara totalitas dengan meninggalkan cara dan pola hidup lama, sehingga dapat masuk ke dalam cara hidup baru yakni hidup sesuai dengan kehendak Allah.


    "Oleh karena itu mari kita tinggalkan kemunafikan kita, irih hati, dendam, perjudian dan hidup keduniawian kita yang penuh dengan dosa agar dapat merayakan sukacita paskah kelak,"ajaknya.


    Perayaan misa minggu palma hari ini dihadiri oleh ribuan umat yang hadir memadati gereja paroki Mbata maupun di luar gereja.


    Penanggung liturgi dalam perayaan misa hari ini ditanggung oleh Stasi Munda.


    Alunan musik yang mengiringi paduan suara menambah meriah perayaan misa Minggu palma di paroki St Theresia Mbata.


    Umat stasi Munda yang baru mengalami musibah dimana kapela mereka yang roboh diterjang angin dan hujan lebat pada awal Maret lalu tampak bersemangat dalam membawakan paduan suara.



    Komentar

    Tampilkan

    Viral