- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pater Ernest Waser SVD, Misionaris dan Tokoh Pendidikan Manggarai itu Berpulang

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    07 September, 2023, 11:29 WIB Last Updated 2023-09-07T04:34:14Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    Pater Ernest Waser SVD, Misionaris dan Tokoh Pendidikan Manggarai itu Berpulang
    Mendiang Pater Ernest Waser SVD


     [Congkasae.com/Lejong] Jauh sebelum Manggarai mengalami kemajuan seperti saat ini dimana lembaga pendidikan tersebar merata ke seluruh pelosok daerah Misionaris barat dari ordo Serikat Sabda Allah  alias SVD sudah menanamkan tonggak fundasinya bagi kemajuan daerah di tanah misi.


    Misionaris Eropa menginjakkan kaki mereka di bumi Congkasae untuk menggantikan tugas misioner yang ditinggalkan ordo pendahulu yakni Jesuit yang melakukan pembaptisan perdana bagi penduduk lokal di Reo.


    Salah seorang misionaris yang diutus ke Indonesia adalah Pater Ernest Waser SVD yang kala itu ikut menerima tugas perutusan ke tanah misi.


    Pada tahun 1977 Ernest Waser meninggalkan benua Eropa kemudian tiba di Indonesia dan ditempatkan di Manggarai sebuah wilayah keuskupan yang dimekarkan dari keuskupan Agung Ende.


    Seperti Misionaris barat lainnya di Manggarai Pater Waser telah banyak memberikan sumbangsih bagi tarekat lebih khusus bagi umat yang dilayaninya.


    Pater Waser kerap melakukan kegiatan pembukaan jalan baru untuk memudahkan akses antar wilayah di tanah Manggarai yang masih terisolir.


    Selain bergelut di sektor akses transportasi beliau juga menjadi tokoh pendidikan Manggarai yang telah banyak mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) dengan predikat unggul.


    Rupanya pengalaman Pater Waser sewaktu masih di negara yakni pernah menjabat sebagai bapak asrama dan guru sekolah di Marianburg Sankt Gallen yang sekaligus menduduki jabatan rektor steinhaussen ia terapkan di Indonesia khususnya di Manggarai.


    Di tanah misi Manggarai Pater Waser mendirikan yayasan Ernesto yang menjadi fundasi dasar dari SMP dan SMA St Klaus.


    Tak tanggung-tanggung yayasan ini memiliki dua unit sekolah yakni di Werang Manggarai Barat dan di Kuwu kecamatan Ruteng.


    Soal kualitas, jangan diragukan lagi sekolah-sekolah ini bersaing secara ketat dengan Seminari Pius XII Kisol di Manggarai Timur.


    Nama Pater Waser mulai diknal luas oleh khalayak melalui pendidikan dasar dan Menengah yang didirikannya itu.


    Namun di usianya yang sudah uzhur yayasan pendidikan Ernesto itu ia limpahkan ke pihak lain untuk mengelola yayasan besarnya itu.


    Semoga para penerus yayasan Ernesto bisa melanjutkan tongkat estafet yang sudah beliau berikan untuk melanjutkan misi mencerdaskan anak bangsa di bumi congkasae tercinta.


    Pater Waser menghembuskan napas terakhirnya pada 07 September 2023 pagi, kepergian Pater Waser menjadi topik perbincangan di jagat maya.


    Sebelumnya pada 8 Februari tahun 2022 lalu pater Waser kembali ke negaranya Swiss untuk suatu tugas yang tidak dipublikasikan.


    Tanggal 8 Februari rupanya menjadi momentum bersejarah bagi beliau dimana pada 8 Februari 1977 silam untuk pertama kalinya Pater Waser tiba di Jakarta Indonesia untuk memulai tugas misinya.



    Komentar

    Tampilkan