- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jadi Uskup Labuan Bajo, Maksimus Regus Minta Umat Mendoakannya

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    24 Juni, 2024, 10:00 WIB Last Updated 2024-06-24T03:06:00Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

     
    Jadi Uskup Pertama Labuan Bajo, Maksimus Regus Minta Umat Mendoakannya
    Uskup Labuan Bajo Pertama Maksimus Regus

    [Congkasae.com/Kereba] Paus Fransiskus menunjuk rektor Unika St Paulus Ruteng Romo Maksimus Regus sebagai uskup pertama keuskupan Labuan Bajo yang baru dibentuk.


    Maksimus Regus yang berlatar belakang imam projo dan akademisi itu meminta para umat untuk mendoakan dirinya agar dapat menjalankan tugas yang diberikan kepadanya.


    "Dari hati yang paling dalam saya mohon doa dan dukungan kita sekalian. Karena saya adalah seorang yang penuh kekurangan saya pendosa saya mohon doa kalian semua,” pinta Maksimus Regus dalam sambutan singkatnya di hadapan para imam dan umat yang hadir di gereja Paroki Rohkudus Labuan Bajo, Jumat (21/6/2024).


    Ia juga mengucapkan terima kasih kepada bapa suci Paus Fransiskus, para imam, frater, suster, Bruder dan seluruh umat yang hadir dalam momen berharga itu.


    "Dari hati yang paling dalam saya mengucap terima kasih kepada yang mulia Bapa Uskup para romo para suster pater bruder frater bapa mama sekalian yang telah hadir pada sore hari ini di tempat ini untuk bersama-sama menyambut berita suka cita bagi kita sekalian Keuskupan Ruteng dan Keuskupan Labuan Bajo,” ungkap romo Maksimus Regus.



    Sebelumnya paus Fransiskus menunjuk rektor Unika St Paulus Ruteng romo Maksimus Regus sebagai uskup pertama keuskupan Labuan Bajo.


    Penunjukan itu disampaikan langsung paus Fransiskus melalui surat resmi yang dikeluarkan duta besar Vatican di Jakarta Nuncio Pioro Pioppo yang dibacakan langsung uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat.


    “Bapa Suci kita Paus Fransiskus telah mendirikan keuskupan baru Labuan Bajo dan secara bersamaan telah mengangkat Romo Maksimus Regus yang saat ini menjabat sebagai Rektor Unika St. Paulus Ruteng sebagai uskup pertama,” kata Mgr Sipri.


    Keuskupan baru Labuan Bajo sebelumnya masuk dalam wilayah Vikaris Episkopal (Vikep) Labuan Bajo.


    Keuskupan Labuan Bajo membawahi 25 gereja Paroki yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Manggarai Barat.


    Dengan jumlah umat Katolik sebanyak 218.535 jiwa atau sekitar 79 persen dari total 276.284 jiwa di kabupaten itu, Keuskupan Labuan Bajo dan uskup terpilih akan menghadapi berbagai tantangan sosial, khususnya yang terkait dengan pembangunan sektor pariwisata, termasuk isu tambang dan lingkungan.


    Beberapa persoalan yang sudah menanti keberpihakan Gereja Katolik bagi kaum papa misalnya proyek geotermal Sano Nggoang yang masih menuai polemik di tengah umat, selain itu masalah konflik agraria di kawasan Labuan Bajo, termasuk konservasi kawasan hutan Bowo Sie.


    Maksimus Regus yang sebelum menjabat sebagai rektor Unika St Paulus Ruteng kerap mengkritik isu-isu sosial di Flores diharapkan mampu memecahkan persoalan yang dihadapi umat katolik di keuskupan baru Labuan Bajo.



    Komentar

    Tampilkan