IKAMATIM CUP 2016 Dan Soliditas Ase Ka,e Manggarai Timur Di Pulau Dewata - Congkasae.com

News Update

28 October, 2016

IKAMATIM CUP 2016 Dan Soliditas Ase Ka,e Manggarai Timur Di Pulau Dewata

dari Kiri penasehat IKAMATIM Bali, Ktua IKAMATIM Bali, Seksi Humas IKAMATIM CUP, Ketua Panitia IKAMATIM CUP

Dalam beberapa minggu belakangan ini jika di Jakarta topik PLGUB DKI menghiasi media sosial yang skaligus menjadi trending topic yang selalu diperbincangkan public, maka hal berbeda di temukan di kalangan ase ka,e manggarai timur yang menetap di Bali.
IKAMATIM CUP 2016 menghiasi status media sosial di kalangan ase ka,e manggarai timur yang menetap dipulau seribu pura tersebut.
Setiap hari Minggu stadion Ngurah Rai yang terletak di pusat kota Denpasar tersebut selalu ramai di datangi oleh ase ka,e Manggarai Timur. Status di media sosial seperti facebook pun bertebaran seolah menceritakan kepada kita bahwa ya....... sedang diadakan pertandingan sepak bola di stadion Ngurah Rai.
Hal tersebutlah yang menuai rasa penasaran orang-orang yang belum pernah menyaksikan langsung jalanya pertandingan seperti saya salah satunya.
Rasa penasaran saya bukan hanya sebatas pada proses jalanya pertandingan di lapangan semata, akan tetapi pada siapa sosok-sosok di balik keberhasilan jalanya Turnamen sepakbola tersebut.
Akan tetapi hal tersebut terjawab sudah setelah saya berhasil menemui team yang mendalangi Turnamen IKAMATIM CUP. Yakni Ikatan Keluarga Manggarai Timur Bali atau di singkat dengan IKAMATIM Bali yang dinahkodai oleh bapak Pius Endo, seorang Pria putra asli manggarai timur yang berasal dari kecamatan Rana Mese.
Sayapun langsung menyambangi kediaman beliau yang terletak di jalan tegal wangi sesetan denpasar. Dari luar rumah saya dengar ada canda tawa dari ase ka,e IKAMATIM Bali rupanya sedang di adakan rapat Evaluasi Turnamen di kalangan panitia pelaksana.”yes.....!  Moment yang tepat” gumamku dalam hati.
Setelah masuk dan bersalaman dengan segenap ase ka,e yang hadir sayapun mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan kemari yakni ingin mewawancarai bapak Pius Endo beserta panitia pelaksana kegitan, dan merekapun setuju.
Berikut adalah kutipan wawancara saya yang dilakukan di kediaman beliau di sela-sela rapat evaluasi Turnamen  beserta anggota panitia.
Tonny:
akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tentang IKAMATIM CUP 2016 sebenarnya apa itu IKAMATIM CUP?
Bapak Puis Endo:
IKAMATIM CUP itu adalah kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh seluruh keluarga manggarai timur Bali, itu kami mulai pada 2 oktober dan berakhir sampai 27 november mendatang. Tujuanya adalah untuk mempererat persaudaraan kami yang merantau dan  memudahkan bagi kami untuk mendata setiap warga manggarai timur yang ada di bali. Karena selama ini kelemahan terbesar itu adalah karena tidak di data maka sulit bagi kami untuk mengetahui berapa jumlah ase  ka,e manggarai yang ada di Bali.di samping itu tujuan dari turnamen ini adalah menjunjung tinggi sportivitas.
Tonny:
Saya dengar IKAMATIM CUP 2o16 ini adalah IKAMATIM CUP II nah artinya ada IKAMATIMCUP I kapan tepatnya IKAMATIM CUP I dilaksanakan?
Bapak Puis Endo:
Oh iya benar IKAMATIM CUP I itu pertama kali dilaksanakan pada tahun 2011 tujuanya adalah untuk memancing minat warga Manggarai Timur yang ada di Bali untuk mau bergabung dan mempererat tali persaudaraan antara sesama warga Manggarai Timur dan turnamen ini akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali melibatkan seluruh kecamtan yang ada di manggarai timur. Melalui kepengurusan yang baru ini rencananya kami kedepan akan melibatkan team dari luar manggarai timur juga puji Tuhan semoga bisa dilaksanakan.
Tonny:
Beberapa minggu yang lalu ada peristiwa penusukan di Bali yang sangat memalukan kita orang Manggarai sebagai ketua umum IKAMATIM Bali, pesan-pesan bapak untuk kami kaum mudah khususnya Mahasiswa asal Manggarai Timur seperti apa?
Bapak Puis Endo:
Sebenarnya ini bagian dari tanggung jawab kami pengurus, bagaimana melakukan pendekatan kepada mereka, itu tidak bisa seratus persen menyalahkan mereka.  Kejadian ini terjadi pada anak-anak yang baru datang, beda dengan anak-anak yang dulu syarat akan etika. Anak-anak sekarang ini banyak yang tidak taat aturan seperti minum, banyak yang bergaul bebas sehingga ini menjadi PR bagi kami orang tua. Makanya kami juga bekerja sama dengan seluruh ketua unit Flobamora Dewata bagaimana mengumpulkan dan memberi kesadaran kepada mereka sehingga tidak ada lagi kejadian seperti ini.sebenarnya akar persoalanya itu dari anak-anak yang minum mabuk  itu.
ketua umum IKAMATIM Bali Pius Endo

Tonny:
Terakhir pesan Bapak untuk anak-anak yang baru itu seperti apa pak?
Bapak Puis Endo:
Sebenarnya bukan hanya kepada anak-anak yang baru datang tapi untuk seluruh pesan kami sebagai orang tua yaitu jadikan kejadian ini sebagai bahan refleksi, semoga ini yang terakhir kalinya jangan ada lagi kasus semacam ini. Cobalah untuk bergabung dengan organisasi seperti IKAMATIM untuk mahasiswa manggarai timur karena akan ada kegiatan positif yang kami lakukan untuk meredam aksi seperti ini salah satunya ya seperi Turnamen sepakbola ini. Bukan hanya minum e....ada pelecehan seksual juga, orang-orang hamil di luar nikah masuk satu semester di kampus kemudian hamil di luar nikah ini sangat mengecewakan sekali.
Tonny:
Terima kasih pak waktunya sudah mau berbagi dengan saya malam ini.
Dalam kesempatan itu juga saya berkesempatan mewawancarai ketua penasehat IKAMATIM Bali bapak Maksen Nggaham, berikut ini kutipan wawancara saya dengan beliau yang sekaligus menjadi sesepuh ase ka,e Manggarai Timur di Bali ini.
Tonny:
Tadi sudah di sampaikan oleh bapak ketua umum IKAMATIM tentang tujuan dari penyelenggaraan Turnamen IKAMATIM CUP nah bagaimana sejarah terbentuknya IKAMATIM Bali ini?
bapak Maksen Nggaham:
dulu kan awal mulanya ketika warga Manggarai Timur di Bali itu mengalami kesulitan, hanya beberapa orang tua saja yang berkumpul untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang di hadapi.
Lalu dibentuklah IKAMATIM Bali dengan ketua nya Alm Laurens Dama yang sudah meninggal itu, terus setelah itu kepengurusan di bawah pak Sbastian Ngkahar maka dibentuklah IKAMATIM CUP  pada tahun 2011 itu tujuanya sama untuk pendataan anggota sebenarnya, namun hanya sebatas di sana saja setelah itu tidak ada kegiatan lagi.
ketua Penasehat IKAMATIM Bali Maksen Nggaham

 Pada saat itu sampai 2015 ada pengurus tapi tidak ada anggotanya, Maka di bawah kepengurusan pak Pius Endo, di bentuklah korcam, dibawah itu kordes dan paguyuban. Banyak cara yang dilakukan untuk pendataan itu, salah satunya adalah lewat turnamen IKAMATIM CUP yang sekarang sedang berlangsung.
Nah setelah pendataan itu lebih dari itu akan ada kegiatan lanjutan sesudah ini agar ketika warga Manggarai Timur yang ada di Bali mengalami kesulitan maka semua warga Manggarai Timur itu turut membantu (teti mendo cama-cama).sehingga ketika ada ase ka,e manggarai timur di Bali yang mengalami kesulitan maka kita bisa sama-sama membantu.
Tonny:
Nah sekarang harapanya kepada penonton yang menyaksikan Turnamen ini bagaimana?
bapak Maksen Nggaham:
seharusnya masing-masing team harus merasa bahwa lawan tanding itu adalah saudara tapi bukan lawan yang harus di hancurkan untuk mempertontonkan permainan yang bagus kepada penonton.
Harapanya adalah Turnamen ini sebagai pemersatu dan mempererat tali persaudaraan antara sesame bukanya memecah belah ikatan persaudaraan karena benturan yang ada di lapangan. Begitu juga bagi penonton jangan sampai profokatif.
Tonny:
Ajakan bagi para penonton apa yang bisa di berikan oleh para pemain kepada penonton yang akan menyaksikan Turnamen ini ?
bapak Maksen Nggaham:
Perkembangan Teknologi yang dipertontonkan di televise itu berdampak pada cara bermain anak-anak manggarai Timur yang nota bene dari kampong ya? dibandingkan dalam Turnamen IKAMATIM 2011 IKAMATIM CUP 2016 ini lebih seruh lagi jadi bagi ase ka,e Manggarai Raya yang ada di Bali mari sama-sama kita saksikan Turnamen ini seru koq permainanya.
Tonny:
Baik terima kasih pak Maksen atas waktunya.
Dalam kesempatan itu juga saya berkesempatan mewawancarai ketua panitia penyelenggara Turnamen IKAMATIM CUP ka,e Servasius Tandang.
Tonny:
Bagaimana perkembangan pertandinganya sejauh ini ka,e?
Servasius Tandang:
Pertandinganya itu kita mulai pada tanggal 4 oktober dan sejauh ini semua berjalan lancar meskipun ada gesekan-gesekan di kalangan penonton ya saya pikir itu wajar-wajar saja.
Masih bisa diredam, jumlah penonton yang menyaksikan pertandinganya juga lumayan banyak
Tonny:
Pertandinganya di mulau jam berapa dan Keseblasan yang bertanding itu  dari mana saja?
Servasius Tandang:
Pertandinganya akan di mulai pada pukul 12:30 wita sampai selesai untuk keseblasan yang bertanding itu dari kota komba, Borong, Rana Mese, Poco Ranaka, Poco Ranaka Timur, Lamba Leda, Elar Selatan dan Wae Mokel.
Ketua Panitia IKAMATIM CUP Servasius Tandang

Tonny:
Turnamen ini memperebutkan apa sich sebenarnya?
Servasius Tandang:
Turnamen ini memperebutkan Piala serta uang pembinaan bagi pemenang harapan saya kepada penonton untuk tetap tenang aman, jangan memprofokasi karena segala kelebihan dan kekurangan itu milik ase ka,e Manggarai Timur Bali
Tonny:
Terima kasih waktunya ka,e
Demikian wawancara ekslusif saya dengan ketua IKAMATIM Bali, Ketua Penasehat/sesepuh ase ka,e Manggarai Timur Bali dan panitia pelaksana Turnamen. Jadi bagi ase ka,e yang saat ini berada di Bali mai ga sangged taung kita saksikan pertandingan IKAMATIM CUP ini di stadion Ngurah Rai denpasar pertandingan hanya diadakan pada hari Minggu pukul 12:30 WITA tiket masuk hanya Rp. 5000/orang.


No comments:

Post a Comment