Mahasiswa Keren Itu Adalah Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja - Congkasae.com

News Update

18 February, 2017

Mahasiswa Keren Itu Adalah Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja


Masa muda merupakan kesempatan berharga dan paling indah untuk dinikmati dalam hidup.
Masa ini merupakan momen penemuan jati diri, kesempatan melihat diri (kelebihan dan kekurangan) sere
ntak sebuah penegasan kesadaran akan visi hidup. Hal ini patut disadari oleh setiap generasi muda.

Dengan demikan, ujaran menikmati masa muda perlu direfleksikan sehingga kaum muda tidak terbius secara ngawur oleh geliat perkembangan zaman dan “lupa” akan integritas kepribadiannya.

Pada tataran ini, pembicaraan tentang generasi muda merujuk pada diri para mahasiswa sebab penulis juga merupakan seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk “menemukan diri”-nya.

Menjadi mahasiswa keren merupakan sebuah keharusan dalam pemaknaan akan status kita tersebut. Keren di sini bukan berarti menjadi gaul ataupun trendy, seperti memakai aksesoris terbaru, memerhatikan style diri sesuai tren, menggunakan alat-alat teknologi termutakhir supaya tidak dibilang “kuper”.

Memang hal itu tidak ada salahnya sebab setiap kita tentu memiliki prinsip hidup masing-masing. Keren untuk konteks ini membicarakan hal-hal efekftif nan esensial yang mesti dilakukan oleh seorang mahasiswa.
Hubungi kami di WA 082342994060 untuk pemasangan Iklan

Keefektifan dan esensialitas ini merupakan bagian tak terpisahkan dari konsep pemaknaan tersebut. Memaknai diri berarti mampu memanfaatkan kualitas diri sehingga berguna bukan hanya untuk saat ini melainkan juga untuk masa depan.

Ini seperti yang dikatakan Mahatma Ghandi; Masa Depan Itu Tergantung pada Apa yang Kita Lakukan Saat Ini. Oleh karena itu, mahasiswa keren berarti mampu mengembangkan diri secara positif, visioner, serta menyadari karakteristik diri sehingga tidak menjadi generasi culture shock atau kejut budaya.

 Keren tidak hanya dalam penampilan fisik belaka tetapi juga melingkupi etalase kepribadian diri yang tampak dalam tindak-tanduk keseharian hidup. Di sini, saya menampilkan beberapa prinsip dasar yang harus dipegang oleh seorang mahasiswa keren.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada suatu guratan utama yang patut disadari oleh seorang anak muda. Bahwasannya seorang mahasiswa harus mampu melakukan disermen diri. Disermen ini berarti mahasiswa itu melakukan perefleksian diri guna menyadari kekurangan dan kelebihan dirinya, seperti yang sudah diujarkan pada awal tulisan ini.

Menjadi mahasiswa keren merupakan suatu kebanggaan tersendiri terutama jika terutama jika apa yang kita capai dan lakukan menuai pujian dari banyak kalangan.

Menjadi mahasiswa keren bukan diartikan mahasiswa yang memiliki pacar yang wah, apalagi jika punya mantan satu kandang....hahahah....

Atau yang menggunakan mobil mewah ke kampus, akan tetapi mahasiswa yang meskipun ke kampus hanya berjalan kaki, atau bahkan hanya menggunakan speda ontel akan tetapi dirinya bisa mandiri, tidak merengek ke orang tua untuk sekedar meminta uang jajan atau bahkan uang SPP.

Mahasiswa keren, merupakan mereka-mereka yang bisa kuliah sambil bekerja, mahasiswa keren bisa dikatakan mahasiswa yang hebat, karena mereka bisa melakukan hal-hal berikut, dan ini mungkin saja tidak bisa dilakukan oleh mahasiswa biasa.

Mereka Bisa Memanage Waktu

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja sudah pasti bisa memanage waktunya dengan baik, karena bagi mereka hari-harinya akan dipenuhi oleh deadline di kantor ataupun di kampus

Mengerti Artinya Perjuangan

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja itu sudah pasti paham dan tahu betul bahwasanya hidup itu sebuah perjuangan, mereka akan tahu betul bagaimana sulitnya mencari uang, lantas mereka pasti akan berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.

Tanggung Jawab

Mahasiswa yang kuliah sambil kerja itu, sudah pasti memiliki tanggung jawab yang besar, baik itu dibidang kuliahnya maupun ditempat kerjanya. Oleh karena itu, mahasiswa yang kuliah sambil bekerja pasti bisa bertanggung jawab

Lebih Dewasa

Terkadang kedewasaan seseorang itu tidak hanya ditentukan oleh faktor usia saja akan tetapi faktor pengalaman, jika ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang baik, maka itu benar adanya. Mahasiswa yang kuliah sambil kerja pasti lebih dewasa, karena banyak pengalaman yang dia dapat.

Tahan Cobaan

Mahasiswa yang kuliah sambil kerja pasti lebih tahan dengan tekanan karena mereka sudah terbiasa dengan hal-hal seperti itu baik di tempat kerja atau di kampus.

Bisa Baca Peluang
yang saya maksud dalam hal ini adalah mahasiswa yang kuliah sambil kerja itu bisa memahami bahwasanya kuliah itu bukan menjadi satu-satunya andalan untuk memperoleh pekerjaan yang layak kelak, akan tetapi kuliah hanya sebagai starting point dalam memulai karir.

Bisa Mandiri
Seorang mahasiswa yang kuliah sambil kerja akan merasa malu ketika harus terus-terusan meminta pada orang tua, hal ini pernah saya alami sendiri. saya bahkan pernah dikirimkan uang tanpa sepengetahuan saya oleh orang tua saya. ketika saya Tahu kalau mama ada kirim saya uang, tiba-tiba saya langsung bilang "mama kenapa kirim saya uang? saya tidak minta koq dikirim?" saya bahkan mengirimi kembali uang tersebut.

nah ini bukan untuk menyombongkan diri namun saya ingin biarkan saya mengatasi sendiri kesulitan saya jika sudah tidak teratasi baru saya minta bantuan mereka.

nah kalian guys? apa yang sudah kalian lakukan selaku mahasiswa? atau mungkin pernah merasakan beberapa hal yang saya urai tersebut? saya tunggu sharing kalian di kolom komentar. Tabe...ce,e mai Bali


No comments:

Post a Comment