Mengintip Aksi Kepedulian Kaum Muda di Labuan Bajo - Congkasae.com

News Update

12 December, 2017

Mengintip Aksi Kepedulian Kaum Muda di Labuan Bajo


Salah seorang pemuda sedang mengangkut sampah menggunakan kendaraan
[Labuan Bajo]- Berangkat dari kepedulian dengan masalah sanitasi serta kebersihan kota yang kerap terjadi di wilayahnya, sejumlah pemuda di kota  Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, NTT baru-baru ini melaksanakan aksi bersih-bersih di wilayah kota Labuan Bajo.

Aksi bersih-bersih ini diwujudnyatakan melalui kegiatan pungut sampah dengan tema "Bersih dan Jaga Kota Kita".

Para pemuda yang terdiri dari berbagai komunitas itu menyasar area Kampung Ujung dan sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Labuan Bajo. Mereka tampak membawa karung untuk memungut sampah plastik yang berserakan di jalan sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer.
Ketua panitia kegiatan, Riki Nanggus mengatakan kepada Congkasae.com bahwa dalam aksinya, para pemuda ini menyasar sampah plastik.
"Kami utamakan sampah pelastik. Ada juga yang memungut sampah organik," ucap Rifi.

Bukan hanya itu, beberapa orang pemuda ini juga langsung membersihkan saluran air yang tersumbat karena sampah. 
Congkasae.com melihat ada hal yang unik dan luar biasa dari sekumpulan anak muda di kota Labuan Bajo, Manggarai Barat ini.
Pasalnya di era moderen seperti sekarang ini rasanya agak jarang kita menemukan suatu komunitas kaum muda yang memiliki kepedulian terhadap masalah sampah.

Rupanya itu tidak berlaku untuk kaum muda di Labuan Bajo. Uniknya, sampah yang telah terkumpul itu kemudian ditampung untuk didaur ulang.

Salah satu komunitas yang mengikuti aksi bersih-bersih serta bertugas untuk memisahkan sampah jenis tertentu adalah komunitas Trash Hero. 
Menurut koordinator Trash Hero Labuan Bajo, Kenedy Diaz, sampah yang sudah dipilah nantinya akan didaur ulang menjadi produk kerajinan tangan. 
Ini sudah menjadi salah satu program komunitas yang juga diikuti oleh sejumlah wisatawan mancanegara.

Kenedy Diaz berharap kegiatan seperti ini akan terus dilakukan di Labuan Bajo. Mengingat Labuan Bajo adalah kota pariwisata yang harus selalu terlihat bersih dan tertata.

"Mudah-mudahan ini akan berlanjut dan terus dilakukan muda-mudi di Labuan Bajo ini," pintanya.

Dalam aksi bersih-bersih kali ini diikuti oleh beberapa komunitas yakni, Komunitas Anak Muda Labuan Bajo, Trash Hero Labuan Bajo, dan Pemuda-Pemudi Labuan Bajo (P2LB). Selain itu, komunitas Perempuan Peduli Lingkungan (P2L) Labuan Bajo juga antusias ikut serta dalam aksi ini.

No comments:

Post a Comment