Manggarai dan Keindahan Alamnya yang Bikin Kamu Terpesona - Congkasae.com

Hoos ata werud

26 January, 2018

Manggarai dan Keindahan Alamnya yang Bikin Kamu Terpesona

[Congkasae.com/Wisata] Manggarai memang terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Kabupaten yang terletak di ujung barat pulau Flores ini terkenal dengan begitu banyak tempat-tempat wisata alamnya yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Di Labuan Bajo Manggarai Barat, anda bisa menikmati keindahan alam berupa gugusan pualu-pulau kecil yang sangat mempesona. selain itu anda juga bisa menikmati keindahan alam Batu Cermin, yang cukup memacu adrenalin anda.

Anda juga dapat menikmati keindahan alam Goa Rangko, Bukit Cinta, Bukit Sylvia dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin melanjutkan perjalanan ke Manggarai Tengah, anda akan melintasi jalur trans Flores yang begitu mempesona. Jalur ini terkenal dengan jalannya yang berkelok-kelok.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam tanah Manggarai yang begitu mempesona. Pemukiman warga, Hutan, perkebunan kopi, areal persawahan yang membentang luas akan memghiasi perjalanan anda. Pengalaman tersebut akan sangat sulit untuk dilupakan.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Manggarai juga terkenal dengan budaya dan adatnya yang kental. Bahkan di beberapa tempat cara dan kebiasaan hidup nenek moyang orang Manggarai masih terpelihara dengan baik.

Salah satunya dapat anda temui di kampung tradisional Wae Rebo. Jika mengunjungi kampung ini, anda akan diajak untuk kembali ke masa lalu. Mengamati cara hidup orang Manggarai di masa lalu. Anda juga akan disuguhi minuman kopi khas Manggarai yang dioleh secara tradisional.
Kampung Wae Rebo terletak tak jauh dari Ruteng ibukota kabupaten Manggarai Tengah. Hal yang menarik di kampung Wae Rebo, anda bisa bercengkrama dengan indahnya alam Manggarai yang belum tersentuh oleh modernitas, pokoknya semua tentang Manggarai di masa lalu akan anda temui di Wae Rebo.

Masih di kabupaten Manggarai Tengah, anda juga akan diajak untuk melihat habitat manusia kerdil dari Flores yakni Homo Floresiensis yang terkenal denga sebutan Hobbit itu.

Semuanya itu anda temui di Liang Buah, jaraknya tidak jauh dari kota Ruteng, ibukota kabupaten Manggarai Tengah. Liang Buah merupakan salah satu obyek wisaya yang saat ini masih dieksplorasi oleh para peneliti untuk mengetahui fosil manusia purba asal Flores.
Tinggi manusia ini kurang dari 1 meter, karenanya banyak orang menyebutnya manusia kerdil dari Flores. Konon katanya orang pendek ini masih dapat ditemui di Manggarai.

Anda dapat melihat langsung orang-orang dengan tinggi badan yang cukup kerdil ini di kampung Rampa Sasa, Jaraknya tak jauh dari obyek wisata Liang Buah.

Untuk bisa ke Liang Buah dan kampung Rampa Sasa, anda bisa menggunakan sepeda motor atau angkutan umum yang ada di daerah setempat.  Pokoknya dijamin perjalanan dan liburan anda akan menyenangkan.

Masih di Manggarai Tengah, anda juga dapat menikmati gunung Ranaka yang merupakan puncak tertinggi di Manggarai.

Anda dapat menikmati sejuknya alam Manggarai, dari puncak Ranaka anda juga dapat melihat pesona alam Manggarai yang begitu indah dan mempesona. Anda juga akan dapat menikmati keunikan alam Manggarai yakni sebuah danau yang terletak dipuncak Ranaka.
Danau tersebut bernama Rana Ka. Rana artinya Danau dan Ka artinya burung Gagap. Ranaka terkenal dengan cerita mistisnya yang hingga kini masih diyakini oleh penduduk setempat.

Di gunung Ranaka juga anda dapat mendengarkan nyanyian Ngkiong spesies endemik dari Manggarai. Ngkiong merupakan burung khas yang terdapat di Manggarai. 

Di puncak Ranaka, anda juga dapat melihat sebuah kapel kecil, di dalamnya terdapat patung Bunda Maria. Anda bisa melepas lelah di dalam kapel ini dengan udaranya yang sejuk.
Untuk bisa sampai di puncak Ranaka, anda bisa menggunakan sepeda motor karena kondisi jalannya yang dominan tanjakan dan tidak terawat. Pokoknya dijamin liburan kamu bakalan seru.

No comments:

Post a Comment