- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pentas Caci di Nusa Dua Bali Diikuti Ribuan Penonton

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    20 Agustus, 2018, 21:43 WIB Last Updated 2018-08-21T10:48:59Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1




    Kelompok Mbata

    [Congkasae.com/Kreba] Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 73, Ikatan Keluarga Manggarai Bali, atau yang lebih dikenal dengan sebutan IKMB mengadakan pentas tarian Caci.

    Kegiatan tersebut diselenggarakan di lapangan Lagoon Nusa Dua Bali Minggu (19/8) kemarin.
    Pentas caci kali ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kelurahan Tanjung Benoa, didampingi ketua umum Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz, Ketua IKMB Ardy Ganggas dan ketua unit ikatan keluarga yang bernaung dibawah IKMB.

    Yakni Ikamatim Bali Pius Endo, Ketua Ikkmar Bali Frans Papur, dan ketua Ikamabar Bali Domi Ngabut Serta disaksikan oleh ribuan penonton.
    Para Penonton rela berpanas-panasan

    Ketua Umum Flobamora Bali Yosep Yulius Diaz dalam sambutan singkatnya menekankan pentingnya merawat adat dan tradisi lokal yang diwariskan oleh para leluhur meski berada di tanah rantau, sembari menyesuaikan diri dengan adat dan tradisi di Bali.

    Penegasan serupa juga disampaikan oleh ketua IKMB Ardy Ganggas, menurutnya Caci merupakan warisan leluhur yang telah diwariskan kepada setiap orang Manggarai. Karenanya sebagai orang Manggarai Ardy meminta tetap merawat tarian tradisional ini meski berada di tanah rantau.

    Ini bukan kali pertama IKMB menggelar pentas tarian Caci di Bali, setaip kalikegiatan 17 Agustus IKMB selalu mengadakan pentas tarian Caci ini. 
    Para penari tampil memukau

    Menariknya, Pentas tarian caci ini selalu menyedot perhatian ribuan penonton yang sebagian merupakan warga Manggarai yang menetap di Bali.
    Menurut Ketua umum Ikkmar Bali Frans Papur IKMB selalu mempunyai cara tersendiri dalam

     merawat tradisi  dan adat Manggarai, salah satunya melalui pentas tarian Caci yang dihelat setiap peringatan HUT RI.
    Lapangan Lagoon dipenuhi warga Manggarai

    Penasehat Ikamatim Bali Damianus Damur Justru menilai selain merawat tradisi Manggarai, pentas caci semacam ini bisa mempererat tali persaudaraan sesama warga Manggarai yang menetap di Bali. 

    Ia berpendapat, melalui pentas Caci yang diselenggarakan IKMB ini warga Manggarai di Bali bisa guyub dan tidak memandang sekat teritorial wilayah tiga kabupaten yang ada  di Manggarai Raya.

    Sementara itu, Rohaniawan Katolik Romo Evensius Dewantoro Pr justru meniali event Caci yang dihelat IKMB sebagai hal yang positif karenanya pentas Caci seperti ini perlu dipertahankan oleh setiap orang Manggarai.

    Caci dipentas selama sehari penuh

    Selain itu Romo Evensius juga melihat ada sesuatu yang positif di balik pentas Caci yang dihelat oleh warga IKMB yakni bisa menjadi medium untuk bertegur sapa terutama antara sesama warga Manggarai yang menetap di Bali.

    Pagelaran Caci kali ini disaksikan oleh ribuan warga Manggarai yang menetap di Bali, selain warga Manggarai ada juga warga Negara Asing yang ikut mengabadikan moment yang jarang dipentas di Bali itu.***
    Berikut Video Pentas tarian Caci di Nusa Dua Bali

    Komentar

    Tampilkan

    Viral