Yuk Kenalan dengan Komunitas HMPMB, Mahasiswa Manggarai di Bali yang Peduli dengan Sektor Pariwisata di Manggarai - Congkasae.com

Hoos ata werud

25 June, 2018

Yuk Kenalan dengan Komunitas HMPMB, Mahasiswa Manggarai di Bali yang Peduli dengan Sektor Pariwisata di Manggarai


[Congkasae.com/Kreba] Dalam upaya mempersiapkan tenaga kerja di sektor pariwisata di Manggarai Raya, Ikatan Keluarga Manggarai Bali atau IKMB, membentuk sebuah komunitas Mahasiswa Manggarai yang ada di Bali.

Komunitas mahasiswa ini diberi nama Himpunan Mahasiswa Pariwisata Manggarai Bali atau disingkat HMPMB.

Menurut Melky Malok, selaku pembimbing sekaligus salah satu tokoh pendiri organisasi HMPMB, lahirnya komunitas HMPMB ini merupakan jawaban dari kegelisahannya terhadap sektor pariwisata di Manggarai terutama terkait kesiapan sumber daya Manusianya.

Apalagi menurut Melky, Labuan Bajo kini masuk dalam daftar 10 Bali Baru yang ditetapkan oleh pemerintah Jokowi. 

Penetapan status ini tentu saja akan menyebabkan pertumbuhan sektor pariwisata di kabupaten Manggarai Raya berkembang sangat pesat.

Disisi lain, Melky Malok, yang merupakan manager salah satu Hotel di Bali ini mengakui, Kemajuan sektor pariwisata tersebut tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja yang terampil dalam dunia pariwisata.

Lewat HMPB para mahasiswa ini nantinya akan dilatih, dan dibekali ilmu pariwisata meskipun mereka bukan berasal dari jurusan pariwisata sekalipun. HMPMB akan menjadi wadah bagi mahasiswa Manggarai Raya yang ada di Bali untuk belajar banyak hal terkait dunia pariwisata. 

Untuk mengasah kemampuan mahasiswa Melky berencana melakukan rekruitmen kepada mahasiswa yang dianggap mampu dalam komunitas ini untuk dipekerjakan di beberapa tempat pariwisata di Bali sebelum mereka kembali ke Manggarai.

Hal serupa juga disampaikan oleh ketua Umum Flobamora Bali, Yusdi Diaz. Di mata ketua umum Flobamora Bali ini HMPMB merupakan salah satu komunitas yang memiliki keunikan tersendiri.

Pasalnya, ini yang pertama kalinya mahasiswa NTT di Bali membentuk komunitas yang fokus  di dunia pariwisata. Karenanya, Yusdi berharap melalui komunitas HMPMB ini para mahasiswa nantinya akan benar-benar belajar tentang sektor pariwisata.

Sementara itu Ardy Ganggas ketua umum IKMB yang juga didaulat menjadi penasehat HMPMB dalam sambutan singkatnya mengatakan komunitas HMPMB ini nantinya akan disokong oleh  IKMB dengan dibantu  beberapa pelaku pariwisata di Bali. 

Hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa sebelum kembali ke Manggarai.
Anggota HMPMB saat ini memang berjumlah 120 orang mahasiswa yang terdiri dari 13 kampus yang ada di Bali. 

Kegiatan pengukuhan pengurusnya pun telah dilakukan baru-baru ini bertempat di gedung SPSI Sesetan Denpasar. Tampak hadir dalam acara pengukuha tersebut, ketua umum Flobamora Bali Yusdi Diaz didampingi Sekretaris I Syam Kelilauw, Ketua umum IKMB Ardy Ganggas, ketua konfederasi SPSI Bali dan tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan doa dan kapok sundung bagi tamu yang datang, serta ditutup dengan santap malam bersama.

No comments:

Post a Comment