Uskup Ruteng Akan Ditahbis Pada Maret 2020 - Congkasae.com

News Update

19 November, 2019

Uskup Ruteng Akan Ditahbis Pada Maret 2020

Uskup Ruteng terpilih Mgr Siprianus Hormat Pr

[Congkasae.com/Kreba] Umat Katolik di keuskupan Ruteng baru-baru ini bersukacita menyusul pengumuman Vatican tentang Uskup baru yang akan memimpin keuskupan tersebut pasca pengunduran diri uskup sebelumnya Mgr Hubert Leteng Pr.

Vatican menunjuk romo Siprianus Hormat Pr sebagai Uskup baru untuk keuskupan Ruteng. Pengumuannya dibacakan secara serentak di Vatican, Keuskupan Agung Jakarta dan di gereja keuskupan Ruteng pada Rabu 13 November petang.

Menurut rencana Uskup  Ruteng tersebut akan menerima tabhisan pada Kamis, 19 Maret 2020, demikian informasi dari Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar Pr, sebagaimana dikutip laman Katoliknews.

Kepada katoliknews Vikjen keuskupan Ruteng itu menjelaskan menurut rencana, tahbisan tersebut akan diselenggarakan di Ruteng.

Romo Alfons juga menambahkan terkait hal-hal teknis mengenai upacara tersebut, termasuk pembentukan panitia, masih akan dibicarakan kemudian.

“Mohon dukungan dari kita semua,” katanya.

Keuskupan Ruteng resmi dibentuk semenjak Vikariat Apostolik Ruteng ditingkatkan statusnya menjadi Keuskupan Ruteng pada tanggal 3 Januari 1961, Mgr Wihelmus Van Bekkum sekaligus diangkat menjadi uskup yang pertama.

Seperti keuskupan lain di Nusa Tenggara Timur, Keuskupan Ruteng juga tercatat memilki jumlah umat yang banyak. Saat ini, lebih dari 700 ribu umat Katolik berada di keuskupan ini.

Keuskupan ini juga memiliki luas wilayah sebesar 7136 kilo meter persegi, dengan populasi umat sebesar 791.233 jiwa (2015) yang tersebar di 82 Paroki meliputi tiga kabupaten yakni Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Dalam perjalanannya keuskupan Ruteng tercatat telah dipimpin oleh lima orang uskup yakni Mgr Wilhelmus Van Bekkum (Uskup pertama), Mgr Vitalis Jebarus, Mgr Eduardus Sangsun, Mgr Hubert Leteng, dan Mgr Siprianus Hormat.***Disadur dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment