Ini Nama-Nama Uskup yang Pernah Pimpin Keuskupan Ruteng - Congkasae.com

Hoos ata werud

13 November, 2019

Ini Nama-Nama Uskup yang Pernah Pimpin Keuskupan Ruteng


[Congkasae.com-Kreba] Umat katolik di keuskupan Ruteng akhirnya resmi memiliki uskup baru, menyusul pengumuman yang dikeluarkan oleh Vatican dan pihak keuskupan Ruteng, pada Rabu 13 November petang.

Nama Siprianus Hormat Pr ditunjuk sebagai uskup baru menggantikan uskup Hubert Leteng Pr yang resmi mengundurkan diri pada dua tahun lalu.

Romo Siprianus Hormat Pr sebelumnya menjabat sebagai sekretaris eksekutif Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Vatican menunjuk Pria kelahiran Boncu Kode, 16 Juli 1966 itu menggantikan uskup Hubertus Leteng Pr yang resmi mengundurkan diri dua tahun lalu.

Selama ini keuskupan Ruteng dipimpin oleh Mgr Silvester San Pr sebagai Administrator Apostolik. Mgr Silvester San merupakan uskup Denpasar Bali.

Penunjukan Mgr Siprianus Hormat Pr disambut oleh ribuan umat yang telah memadati gereja katedral Ruteng pada Rabu malam.

Pengumuman dibacakan seusai perayaan misa syukur yang digelar di gereja katedral Ruteng. Media-media lokal setempat ramai memberitakan kabar pengumuman uskup baru itu semenjak Rabu pagi.

Dengan demikian Mgr Siprianus Hormat Pr menjadi uskup ke lima yang pernah memimpin umat katolik di keuskupan Ruteng.

Berikut ini adalah sederet nama-nama uskup yang pernah memimpin umat di keuskupan Ruteng.

Uskup Wilhelmus Van Bekkum SVD
Mgr Wilhelmus Van Bekkum SVD merupakan uskup pertama semenjak Vikariat Apostolik Ruteng diubah menjadi Keuskupan Ruteng pada 3 Januari 1961.

Mgr Wilhelmus Van Bekkum SVD lahir di Utrech Belanda  pada 13 Maret 1910. Mgr Van Bekkum banyak berkarya di bidang inkulturasi gereja Katolik.

Mgr Wilhelmus Van Bekkum bertugas di keuskupan Ruteng dari 1961 sampai 1972. Salah satu karya pastoralnya yang paling berkesan adalah misa Inkulturasi bahasa daerah termasuk penerbitan buku Dere Serani dalam bahasa Manggarai.

Mgr Van Bekkum wafat di rumah sakit St Rafael Cancar pada 11 Februari 1998 dan dikebumikan di sebelah barat gereja Katedral Ruteng.

Mgr Vitalis Jebarus SVD
Pada tahun 1973 Vatican menunjuk Vitalis Jebarus SVD sebagai uskup di keuskupan Ruteng menggantikan Mgr Van Bekkum.

Mgr Vitalis bertugas di keuskupan Ruteng dari tahun 1973 sampai 1981, masa tugasnya di keuskupan ini berakhir setelah Vatican kembali menunjuk pria kelahiran Wangkung 26 Februari 1929 itu menjadi uskup Denpasar.

Mgr Eduardus Sangsun SVD
Pasca penunjukan Mgr Vitalis sebagai uskup Denpasar, keuskupan Ruteng kembali mengalami masa kekosongan pemimpin selama hampir 2 tahun.

Pada tahun 1985 Vatican memilih Eduardus Sangsun SVD, sebagai uskup Ruteng. Mgr Eduardus bertugas di keuskupan ini dari tahun 1985 hingga tahun 2008.

Mgr Edu lahir di Karot Ruteng 14 Juni 1943 dan meninggal di Jakarta pada 13 Oktober 2008. 

Mgr Hubert Leteng Pr
Pada tanggal 14 April 2010 Vatican memilih Hubert Leteng Pr, yang merupakan pria kelahiran Taga Ruteng 1 Januari 1959 menjadi uskup Ruteng.

Namun Mgr Hubert resmi mengundurkan diri 7 tahun kemudian tepatnya pada 11 oktober 2017. Sejak saat itu keuskupan Ruteng dipimpin oleh Mgr Silvester San Pr yang merupakan uskup Denpasar Bali.

Mgr Silvester San Pr mengemban tugas sebagai Administrator Apostolik di keuskupan ini selama kurang lebih 2 tahun.

Mgr Siprianus Hormat Pr
Dua tahun pasca pengunduran diri Mgr Hubert Leteng Pr, Vatican akhirnya menunjuk Mgr Siprianus Hormat Pr.

Pihak Vatican dan keuskupan Ruteng resmi mengumumkan pengganti uskup Hubert pada Rabu 13 November malam.***dirangkum dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment