- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    6 Pelajar di Flores dalam Pemantauan Terkait Covid-19

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    13 Maret, 2020, 10:04 WIB Last Updated 2020-03-13T03:04:24Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maumere menyemprotkan desinfektan ke tubuh satu dari enam pelajar yang baru pulang dari Jepang usai mengikuti program pertukaran pelajar Asia Kakehashi Project selama delapan bulan saat tiba di Bandara Frans Seda, Maumere,Kabupaten Sikka, NTT, Rabu (11/3/2020). (FOTO ANTARA/Kornelis Kaha)

    [Congkasae.com/Kreba] Sedikitnya enam pelajar dari SMA Frateran Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), peserta program pertukaran pelajar Asia Kakehashi Project ke Jepang yang tiba di Maumere Rabu, (11/3) sore akan tetap dipantau oleh petugas medis di daerah itu.

    Sebagaimana dilansir Antara, pelaksana Tugas Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus di Maumere, Rabu malam mengatakan bahwa keenam pelajar itu dalam kondisi sehat wal afiat namun akan menjalani masa pemantauan selama 14 hari ke depan.

    "Mereka semua sehat-sehat saja, dan tak ada indikasi terjangkit COVID-19. Karena memang sebelum kembali ke Sikka mereka sudah melalui screening di Jepang saat berangkat, dan saat tiba di Bandara Soekarno Hatta di Banten juga mereka sudah menjalani 'screening' dan dinyatakan sehat," katanya kepada wartawan Antara di Maumere.

    Ia menjelaskan saat ini enam pelajar yang baru tiba dari Jepang itu dipulangkan ke rumahnya masing-masing, dan selama berada di rumah masing-masing mereka dilarang untuk keluar atau beraktivitas di luar rumah.

    Petrus juga menjelaskan bahwa saat berada di rumah nanti proses pemantauan akan dilakukan setiap hari dan tentu saja akan sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

    "Komunikasi dengan para pelajar itu akan dilakukan setiap saat, dan pemantauan akan dilakukan juga setiap hari, karena memang kontak keluarga dan para pelajar itu sudah kami pegang,"demikian Petrus dalam keterangannya.

    Jika dalam masa proses pemantauan itu ada perubahan dalam diri salah satu pelajar atau beberapa pelajar yang datang dari Jepang itu Petrus mengatakan pihaknya akan langsung menangani persoalan tersebut.

    Ia menjelaskan bahwa RSUD TC Hillers Maumere sudah disiapkan untuk menjadi tempat observasi bagi pasien terduga COVID-19 di mana dua ruangan juga sudah disiapkan dengan jumlah tempat tidur berjumlah empat unit.

    Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dr Clara J Francis yang ditemui usai pemeriksaan kesehatan terhadap keenam pelajar itu mengatakan bahwa semuanya dalam kondisi sehat dan segar bugar.

     "Hasil pemeriksaan hari ini semuanya dalam keadaan sehat," katanya.

    Ia menjelaskan para pelajar itu tiba di Indonesia pada Senin (9/3) dan baru bisa terbang ke Maumere pada Rabu (11/3) siang. Proses pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan UU Karantina no 6 tahun 2018.

    Sumber : Antara
    Editor: Antonius Rahu
    Komentar

    Tampilkan

    Viral