Begini Susunan Acara Tabisan Uskup Ruteng - Congkasae.com

Hoos ata werud

16 March, 2020

Begini Susunan Acara Tabisan Uskup Ruteng

Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat/Credit Congkasae.com

[Congkasae.com/Kereba] Tabisan uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat Pr tinggal menghitung hari saja, sejumlah persiapan sudah dilakukan dalam menyambut tabisan gembala baru untuk dioses Ruteng itu.

Tepatnya pada Kamis 19 Maret ini sang gembala baru untuk keuskupan Ruteng kelahiran Boncu Kode itu akan resmi ditabis menjadi uskup.

Lantas seperti apa rangkaian prosesi pentabisan uskup baru itu? Mengutip press release keuskupan Ruteng sebagaimana dilansir Mirificanews  panitia pentabisan telah siap menyukseskan pekan puncak pentabisan uskup Sipri.

Secara umum pekan puncak ini akan diisi  dua jenis kegiatan, yakni kegiatan Liturgi dan Non Liturgi.

Untuk kegiatan liturgi sendiri nantinya terbagi menjadi tiga bagian lagi yakni Vesper agung dan pemberkatan perlengkapan Liturgi pada Rabu 18 Maret di gereja St Yosef, Pentabisan uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat pada Kamis 19 Maret di gereja Katedral Ruteng, dan Misa Pontifikal yang dipimpin uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat misa ini akan digelar pada Sabtu 20 Maret di gereja Katedral Ruteng.

Sementara untuk kegiatan non liturginya panitia telah menyelenggarakan beberapa kegiatan yang mungkin bisa jadi agenda umat untuk diikuti.

Pertama kegiatan Pameran yang dilakukan di pelataran Katedral Ruteng dan telah dimulai sejak Minggu 15 Maret kemarin hingga Kamis 19 Maret mendatang.

Kedua acara launching buku kenangan tabisan yang akan dilakukan pada Rabu 18 Maret mendatang, bertempat di Aula Asumpta.

Ketiga jamuan makan malam pemerintah kabupaten Manggarai yang dihadiri Nutius, Kardinal, para uskup, pejabat pemerintah, dan tamu gereja lainnya. Kegiatan ini akan digelar pada Kamis 19 Maret di rumah jabatan bupati Manggarai.

Keempat malam musik sukacita umat bersama Mgr Siprianus Hormat Pr, yang akan dihadiri oleh musisi Nasional kelahiran Manggarai Ivan Nestor Man. Acara ini akan dihelat di plataran Katedral Ruteng pada Kamis 19 Maret mendatang.

Siapa yang akan Menabis Uskup Sipri?
Dalam rilis resmi keuskupan Ruteng sebagaimana dikutip laman Marificia.net gembala baru dioses Ruteng itu akan ditabis oleh Mgr Ignasius Kardinal Suharyo, uskup agung Jakarta dengan didampingi uskup agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potakota sebagai pendamping I serta Uskup Denpasar sekaligus Administrator Apostolik Kesukupan Ruteng Mgr Silvester San Pr sebagai pendamping II.

Sementara berdiri di podium pengkotbah nantinya akan diisi oleh uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin.

Selain itu Nuntius ketua KWI, Gubernur NTT, Menkominfo, serta Mgr Siprianus Hormat akan memberikan sambutan dalam acara ini.

Sumber: Marificia.net
Editor: Antonius Rahu

No comments:

Post a Comment