Dampak Covid-19, di Bali Ada 3.904 Warga NTT Butuh Bantuan - Congkasae.com

News Update

11 May, 2020

Dampak Covid-19, di Bali Ada 3.904 Warga NTT Butuh Bantuan

Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Flobamora Bali

[Congkasae.com/Kereba] Sedikitnya 200 paket Sembako telah disalurkan oleh Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora Bali kepada warga Nusa Tenggara Timur yang terdampak akibat pandemi covid-19 di wilayah Denpasar dan sekitarnya. 

Sekretaris umum Flobamora Bali Fredrick Billy mengatakan bahwa bantuan tersebut bersumber dari hasil penggalian dana yang dilakukan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Flobamora Bali, maupun pihak luar yang berkontribusi bagi Flobamora Bali.

"Hari ini kita adakan pembagian sembako kepada unit-unit yang ada di Flobamora Bali yang terkena dampak,"kata Fredrick Billy di sekretariat Flobamora Bali Minggu kemarin.

Fredrick menambahkan bahwa program tersebut akan terus dilakukan selama masa pandemi covid-19 ini, rencananya minggu depan juga akan dilakukan penyaluran bantuan serupa kepada warga NTT yang terdampak.

"Minggu depan akan kita adakan lagi, khusus bagi warga yang terdampak,"tambah sekretaris Flobamora Bali ini.

Ada 3.904 Warga NTT di Bali Butuh Bantuan
Ketua Umum Flobamora Bali Yoseph Yulius Diaz, Foto Doc Pribadi

Berdasarkan data tim Sistem Informasi Keanggotaan Flobamora Bali, saat ini terdapat 11.126 warga NTT yang berdomisili di Bali, data tersebut tersebar di 22 unit suka duka yang bernaung di bawah IKB Flobamora Bali.

Sementara itu menurut ketua umum Flobamora Bali Yoseph Yulius Diaz untuk warga NTT di Bali yang terdampak akibat covid-19 dan menyatakan diri membutuhkan bantuan, sebanyak 3.904 orang.

"3.904 orang ini yang menyatakan butuh bantuan, secara bertahap nanti coba kita berikan,"kata pria yang akrab disapa Yusdi Diaz ini.

Ia juga menambahkan data tersebut juga nantinya akan diberikan pada pemerintah, mengingat terbatasnya kemampuan yang dimiliki Flobamora Bali.

Saat ini terdapat 22 unit ikatan keluarga yang bernaung di  bawah payung Flobamora Bali, data tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu mengingat masih banyak warga NTT di Bali yang belum mengisi form pendaftaran yang dikeluarkan Flobamora Bali belum lama ini.

Flobamora Bali Sediakan Makanan Gratis Bagi Warga NTT yang Terdampak
Warga NTT yang terdampak Covid tampak mengambil makanan yang disediakan Gratis oleh IKB Flobamora Bali

Selain itu Yusdi Diaz yang telah tiga kali menduduki kursi ketua umum Ikatan Keluarga Besar Flobamora Bali ini juga mengatakan bahwa pihaknya telah membuka posko penanganan covid-19 yang berlokasi di sekretariat Flobamora Bali jl Tukad Musi I Denpasar Bali sebelah Utara Katedral Denpasar.

Di posko itu, kata Yusdi, pihak Flobamora menyediakan makanan gratis dengan jadwal yang telah ditetapkan bagi warga NTT yang terdampak covid-19. 

Untuk itu, Yusdi mengimbau warga NTT di Bali yang merasa terdampak akibat pandemi covid-19 untuk segera melapor diri melalui unit ikatan keluarga yang ada.

"Kalau dia melapor tentu kita tahu, kalau tidak melapor ya bagaimana kita tahu, kalau hanya sekedar untuk makan ya silakan datang (ke Sekretariat Flobamora Bali),"tambah pria berkacamata ini.

Warga NTT di Bali yang terdampak Covid-19 diharapkan segera melaporkan diri melalui masing-masing unit untuk bisa mendapatkan bantuan.

Pendataan Secara Online
Ketua Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Flobamora Bali Beny Ule Ander, Foto Doc Pribadi

Staf humas Flobamora Bali yang juga menjabat sebagai ketua satuan tugas percepatan penanganan covid-19 Flobamora Bali Beny Ule Ander mengatakan Flobamora Bali telah membuka pintu pendataan kepada warganya yang terdampak.


"Sudah kita rilis mekanismenya melalui link resmi yang langsung terkoneksi dengan server induk Flobamora Bali, jadi warga NTT yang di Bali nanti bisa mengisi identitas berupa NIK nanti sistem akan mendeteksi,"kata Beny Ule Ander.

Beny menambahkan sistem ini juga bisa diakses oleh pemprov NTT dan pemerintah pusat, apabilah ingin mengetahui jumlah pasti warga NTT yang tertahan di Bali.

"Jadi basodara semua yang terdampak akibat wabah corona ini bisa akses langsung ke link kita isi data diri dengan benar,"tambah Beny.

Apakah Anda Merasa Terdampak dan Berada di Bali? Silakan Mengisi data diri KLIK DI SINI

Penulis: Berto Jahang
Editor: Antonius Rahu

No comments:

Post a Comment