Kuliah Sambil Kerja itu Memang Berat, Tapi Yakinlah Semua Akan Indah Pada Waktunya - Congkasae.com

News Update

10 May, 2020

Kuliah Sambil Kerja itu Memang Berat, Tapi Yakinlah Semua Akan Indah Pada Waktunya

 

***Catatan Kristo Sapang***

Kulia merupakan tingkat pendidikan yang tinggi dan merupakan proses yang wajib dilewati oleh semua orang yang ingin medapat gelar sarjana.


Untuk menempuh perkuliahan faktor kemampuan serta niat sangat dibutuhkan. Namun disamping itu juga ada faktor yang tidak kalah penting juga ketika dibandingkan dengan kemampuan serta niat yaitu dana.


Jumlah dana sokongan dari orang tua sangat menentukan perjalanan ataupun proses perkuliahan anaknya kelak.


Ada beberapa kasus yang sering terjadi di masyarakat dewasa ini misalnya kemampuan anak yang mumpuni, niat kuliah yang tinggi, namun tidak didukung oleh faktor ekonomi.


Akibatnya niat melanjutkan pendidikan terganjal oleh faktor ekonomi dan memilih untuk tidak melanjudkan niatnya ke perguruan tinggi.


Pristiwa seperti ini sering terjadi, bahkan sudah ada stigma di kalangan masyarakat yang menganggap bahwa perguruan tinggi hanya diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas saja.


Apakah ini benar? Tentu saja tidak, orang bijak mengatakan kunci keberhasilan seseorang bukan terletak pada keadaan orang tuanya, tetapi seberapa kuat niat dan tekadnya sendiri.


Lalu, niat seperti apakah yang dibutuhkan dalam menjawab permaslahan ini? ekspresikan niat dan tekad tersebut dengan hal- hal yang mendukung.


Contohnya bagi mahasisiwa yang saat ini sedang melanjutkan pendidikannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tanpa menggangu proses perkuliahanya.


Sebut saja jualan online, membuat prakarya, jasa pengetikan, editing ataupun hal hal lainnya yang bisa menghasilkan uang.


Selain itu  untuk teman-teman yang kuliah di kota metropolitan, alasan dana alias keuangan bukan lagi suatu masalah yang cukup serius dalam menempuh pendidikan tinggi.


Pasalnya saat ini sudah banyak perusahan- perusahan yang menawarkan pekerjaan bagi mahasiswa.


Apalagi saat ini sudah banyak kampus yang mejalankan proses perkuliahan pada malam hari, ini tentu saja akan menambah peluang kita dalam menempu perguruan tinggi.


Memang untuk menjalankan keduanya dirasa cukup sulit bagi beberapa orang, bahkan ada beberapa yang gagal menjalankan dua hal ini ( kulia dan kerja).


Sekarang  tergantung niat dan tekad kita sendiri. Pada saat kerja misalnya sebisa mungkin untuk tidak memikirkan soal perkuliahan.


Hal itu dilakukan untuk bisa terhindar dari kecelakaan kerja, begitu pula sebaliknya, saat kulia, ikutlah peroses perkuliahan dengan rajin dan tidak memikirkan soal pekerjaan.


Agar pikiran kita lebih tenang, proses ini adalah makanan rutin bagi seseorang yang kuliah sambil bekerja.


Di samping itu ada beberapa nilai plus untuk seseorang yang kuliah sambil kerja yaitu, jika mendukung, setidaknya ilmu yang didapatkan saat perkuliahan dapat langsung dipraktekan di tempat kerjanya.


Serangkaian kegiatan di atas dengan sendirinya akan membuat diri kita terbiasa.


Kesuksesan seseorang sudah ada porsinya masing-masing, niat dan tekat yang kuat akan mewujudkan usaha.


Disamping usaha ada percaya diri, kolaborasi antara niat yang baik, tekad yang kuat serta percaya diri, akan mendatangkan kesuksesan sesuai porsi masing- masing.


Penulis merupakan anak muda kelahiran Manggarai Timur saat ini menetap di Surabaya.


No comments:

Post a Comment