Pasien Pertama Covid-19 di Manggarai Merupakan Kelompok OTG - Congkasae.com

News Update

18 May, 2020

Pasien Pertama Covid-19 di Manggarai Merupakan Kelompok OTG



[Congkasae.com/Kereba] Satu orang pasien yang merupakan warga Manggarai, terkonfirmasi positif covid-19.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kabupaten Manggarai Lodovikus Moa mengatakan pasien tersebut sebelumnya masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala alias OTG.

"Adapun OTG yang terkonfirmasi positif covid itu adalah sebagai berikut, OTG 02, inisial KFJ perempuan masuk dalam klaster Gowa, dia ini pembantu rumah Tangga,"kata Lodovikus Moa di Ruteng, Senin pagi.

Lodovikus menambahkan pihaknya akan secepat mungkin melakukan tracing atau pelacakan terhadap riwayat kontak pasien terkonfirmasi positif covid.

"Dengan siapa saja dia melakukan kontak fisik atau interaksi sosial selama ini, itu kita akan lacak agar bisa dilakukan rapit test,"tambah Lodo sembari menambahkan bahwa saat ini pasien terkonfirmasi positif tengah menjalani masa karantina.

Untuk itu juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 ini meminta masyarakat Manggarai untuk tidak panik dalam menghadapi situasi ini.

"Dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, tetap memakai masker, hindari kerumunan, dan kurangi aktivitas di luar rumah,"pintanya.

Ia mengatakan saat ini tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tengah bekerja profesional dalam memastikan agar penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten itu tidak menyebar luas.

Menurutnya sejauh ini tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tingkat kabupaten Manggarai telah mengirim 4 sample swab ke Laboratorium Biomolekuler Prof WZ Yohanes Kupang.

"Satu dari empat itu terkonfirmasi positif covid,"tambahnya.

Pasien 01 Pembantu Rumah Tangga
Berdasarkan data yang dihimpun Congkasae.com menyebut jika pasien 01 terkonfirmasi positif covid-19 di Manggarai berprofesi sebagai Asisten Rumah Tangga.

Dimana majikannya merupakan bagian dari jemaah yang pada Maret lalu pernah ke Gowa Sulawesi Selatan.

Sejauh ini hasil test sample swab milik majikannya belum keluar, namun pasien terkonfirmasi positif covid-19 itu tengah menjalani masa karantina di Ruteng.

Pasien Tetap Dirawat Di Ruteng
Kepala Dinas kesehatan kabupaten Manggarai mengatakan saat ini pasien terkonfirmasi covid-19 tidak dirujuk ke RSUD Komodo Manggarai Barat.

"Kemungkinan tidak, karena pasien dalam kondisi baik-baik saja,"ujar Yulianus Weng kepada Floresa di Ruteng.

Ia menambahkan kemungkinan pasien 01 akan dirawat di wisma atlet Golo Dukal, hal itu dilakukan untuk menghindari kontak dengan pasien lain di RS dr Ben Mboi Ruteng.

Penulis: Berto Jahang
Editor: Antonius Rahu

No comments:

Post a Comment