27 Orang Terpapar Corona di Manggarai, Terdiri dari 4 Klaster - Congkasae.com

News Update

20 September, 2020

27 Orang Terpapar Corona di Manggarai, Terdiri dari 4 Klaster

[Congkasae.com/Kereba] Kasus penambahan pasien baru corona di kabupaten Manggarai rupanya masih terus merangkak naik.


Berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan tim gugus tugas percepatan penanganan corona Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa, jumlah orang terpapar corona di kabupaten tersebut hingga Jumat kemarin sudah berjumlah 27 orang.


Lodovikus menyebut, jumlah tersebut merupakan hasil akumulasi data penderita virus SARS COV-2 itu sejak pertama kali melanda Manggarai.


"dari total itu empat orang dinyatakan sembuh, 22 orang sedang dirawat, 1 orang meninggal,"demikian Lodovikus Moa dalam keterangan Persnya Sabtu (19/9) kemarin.


Terdiri dari 4 Klaster

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan corona di Manggarai itu juga mengatakan sejauh ini sudah terdapat 4 klaster penyumbang utama pasien corona di wilayah Manggarai.


"Klaster baru sudah banyak di Manggarai dari yang ada, ada yang baru sama sekali, tetapi ada juga yang merupakan hasil pelacakan dari orang-orang sebelumnya seperti di desa Poco Likang,"urai Lodo.


Ia mengatakan keempat kelompok penyumbang pasien corona itu seperti Klaster Cireng, yang kembali mendapatkan tambahan 4 orang positif corona pada hasil pemeriksaan sampel swab yang diterima Jumat kemarin.


Selain itu, ia menyebut jika terdapat klaster Denpasar yang merupakan anggota TNI yang baru pulang dari Denpasar Bali berjumlah 3 orang dinyatakan positif menderita virus SARS COV-2.


"Klaster Kampung Maumere bertambah 4 pasien,"kata Lodo.


Ia mengatakan satu klaster nya lagi merupakan warga Kumba, kecamatan Langke Rembong yang merupakan pelaku perjalanan dari Mataram Nusa Tenggara Barat yang juga dinyatakan positif  corona.


Sebelumnya Lodo mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas yang menimbulkan kerumunan massa termasuk penyelenggaraan pesta.


Belum Ada Klaster Pilkada

Pemerintah pusat sudah mengingatkan untuk mewaspadai adanya klaster pilkada di wilayah yang menyelenggarakan pilkada serentak termasuk Manggarai.


Namun sejauh ini belum dilaporkan adanya pasien dari klaster tersebut di kabupaten Manggarai yang akan menggelar pesta demokrasi Desember mendatang.


Penulis: Tonny Rahu

No comments:

Post a Comment