Sempat Menghilang, Gerombolan Monyet di TWA Ruteng Kembali Terlihat - Congkasae.com

News Update

close
MAU CETAK UNDANGAN UNTUK PERNIKAHAN ANDA?
Kami hadir di RUTENG memberikan pelayanan terbaik, Hubungi kami di 082 342 994 060

09 Februari, 2021

Sempat Menghilang, Gerombolan Monyet di TWA Ruteng Kembali Terlihat

Gerombolan monyet tampak terlihat di kawasan TWA Ruteng

"Sebelumnya monyet-monyet ini sempat menghilang tapi belakangan ini baru mulai terlihat lagi di sini, "katanya 

[Congkasae. Com/Kereba] sempat hilang selama beberapa bulan,  gerombolan monyet di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur akhirnya muncul lagi. 


Pantauan Congkasae.com Selasa (9/2/2021) sedikitnya 10 ekor monyet tampak berkeliaran di pinggir jalan trans Flores tepatnya sebelum memasuki obyek wisata Rana Mese, desa Golo Loni, kecamatan Rana Mese, kabupaten Manggarai Timur. 


Monyet-monyet itu tampak sesekali berkeliaran di bahu jalan sembari memerhatikan kendaraan yang melintas. 


Beberapa pengendara juga sesekali memperlambat laju kendaraan mereka sembari melempari buah-buahan ataupun roti ke arah monyet-monyet itu. 


Agus, salah seorang pengendara motor yang melintas mengatakan dirinya baru melihat monyet-monyet itu dalam sebulan terakhir, setelah sebelumnya sempat menghilang. 


"Sebelumnya monyet-monyet ini sempat menghilang tapi belakangan ini baru mulai terlihat lagi di sini, "katanya sembari melemparkan buah pisang ke arah gerombolan monyet itu. 


Ia mengaku senang melihat satwa liar itu secara dekat,  ia mengaku memiliki kegemaran tersendiri dengan binatang primata itu. 


"Senang saja melihat tingkah mereka pas lagi rebutan makanan, makanya saya sengaja beli pisang tadi untuk kasi makan mereka, "tambahnya. 


Sebelumnya monyet-monyet ini sempat dilaporkan menghilang selama beberapa bulan.


Sempat juga muncul spekulasi di masyarakat soal populasi monyet di TWA Ruteng yang dilaporkan menurun dalam beberapa tahun terakhir akibat perburuan liar. 


Namun saat ini gerombolan monyet itu mulai terlihat di sekitar area obyek wisata Rana Mese tepatnya sebelum memasuki danau Rana Mese dari arah Ruteng. 


Monyet-monyet ini tampak jinak jika kalian berhenti di dekat gerombolan monyet itu tak jarang mereka mengeluarkan bahasa tubuh sebagai pertanda jika mereka meminta sesuatu kepada kita. 


Jangan lupa bawa buah-buahan atau pisang jika ingin melihat hewan primata ini mendekati anda. 


Penulis: Tonny 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar