- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Batal Jadi Tempat KTT Asean, Warga Golo Mori Labuan Bajo Kecewa

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    27 April, 2023, 10:52 WIB Last Updated 2023-04-27T05:13:47Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

    KTT ASEAN Labuan Bajo, Golo Mori Labuan Bajo, KTT Asean
    Jalan trans Golo Mori Labuan Bajo yang baru diresmikan presiden Jokowi


    [Congkasae.com/Kereba] Warga desa Golo Mori, kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, merasa kecewa setelah pemerintah pusat membatalkan Golo Mori sebagai lokasi perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.


    Informasi pembatalan tersebut disampaikan Kepala Desa Golo Mori Samaila ketika dihubungi media di Labuan Bajo.


    Menurut Samaila, warganya merasa kecewa atas keputusan pemerintah pusat perihal pembatalan Golo Mori sebagai Venue KTT ASEAN 2023, meski presiden Joko Widodo sudah meninjau secara langsaung kondisi venue di Golo Mori.


    Kala itu, kata Kades Golo Mori, Presiden mengatakan bahwa pembangunan MICE Golo Mori sebagai venue KTT ASEAN sudah hampir rampung tinggal beberapa sentuhan tambahan saja.



    "Dalam artian venue KTT ASEAN di Golo Mori sudah siap menyambut kegiatan tersebut. Sekarang dibatalkan. Jadi kami sangat kecewa dengan pembatalan ini,"kata kepala desa Golo Mori Samaila kepada Kompas.com di Labuan Bajo.


    Ia mengatakan warga desa Golo Mori sudah menaruh harapan yang besar akan penyelenggaraan KTT ASEAN di desa mereka namun belakangan rencana itu dibatalkan pemerintah.


    Samalia menyampaikan kekecewaan warga desa Golo Mori yang begitu besar ketika mendengarkan informasi soal pembatalan itu.


    "Kita sudah harap penuh, kalau kegiatannya jadi, tentu sebagai ajang promosi buat Desa Golo Mori untuk lebih dikenal dunia luar. Tentu akan berdampak pada perubahan Golo Mori ke arah lebih maju dan sudah pasti perekonomian warga juga akan meningkat," tambahnya.


    KTT ASEAN Dipindahkan ke Labuan Bajo

    Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina selaku panitia lokal KTT ASEAN di Labuan Bajo mengatakan KTT ASEAN ke-42 kali ini batal digelar di MICE Golo Mori.

    Komodo, makanan komodo, varanus komodo, Pulau Komodo
    Labuan Bajo dikenal karena wisata varanus komodonya yang mendunia


    Ia mengatakan pelaksanaan KTT itu dipindahkan ke Labuan Bajo dimana KTT ASEAN akan digelar di Hotel Meruorah yang berlokasi di kawasan Marina dan Ayana Komodo Resort. 


    Kendati demikian, Shana enggan menjelaskan alasan dibalik keputusan pembatalan kawasan MICE Golo Mori sebagai salah satu venue KTT ASEAN.


    Ia hanya mengatakan Presiden Jokowi yang memutuskan venue yang digunakan untuk KTT ASEAN nanti. 


    "Presiden yang menentukan," tandas Shana.


    Demi KTT ASEAN, Persiapan Venue Golo Mori Dikebut

    Sebelumnya pemerintah pusat menggelontorkan anggaran yang fantastis untuk pembangunan fasilitas pendukung kegiatan KTT Asean 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golo Mori.


    Sejumlah fasilitas pendukung pun dibangun seperti Jalan trans Labuan Bajo menuju Golo Mori yang diresmikan oleh presiden Jokowi pada pertengahan Maret lalu.


    Kendati sudah dibangung dengan dana yang bersumber dari APBN namun akhirnya pemerintah membatalkan Golo Mori sebagai venue KTT ASEAN 2023.


    Keputusan pembatalan itu menuai kekecewaan di tengah masyarakat khususnya warga desa Golo Mori yang telah berharap banyak terkait dampak promosi desa mereka setelah KTT ASEAN itu digelar.


    Namun demikian kini warga desa Golo Mori hanya bisa mengelus dada setelah pemerintah pusat membatalkan Golo Mori sebagai venue KTT ASEAN 2023.


    Selama KTT ASEAN Sekolah di Labuan Bajo Diliburkan

    Sementara persiapan pelaksanaan KTT ASEAN yang mengambil tempat di Labuan Bajo, Manggarai Barat mendapat sambutan positif dari pemerintah daerah.


    Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan pelaksanaan KTT ASEAN yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Mei mendatang merupakan angin segar bagi promosi dunia pariwisata di wilayahnya.


    Ia mengatakan pemerintah daerah menyambut baik penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, karena itu pihaknya akan meliburkan sekolah-sekolah yang berada di Labuan Bajo selama pelaksanaan KTT ASEAN itu.


    Keputusan meliburkan para peserta didik yang berada di Labuan Bajo itu diambil untuk mendukung terciptanya suasana yang kondusif selama pelaksanaan KTT ASEAN.


    Menlu Retno, Persiapan KTT ASEAN Sudah Hampir Rampung

    Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan persiapan KTT ASEAN yang mengambil tempat di Labuan Bajo sudah hampir selesai.


    Presiden Jokowi pun telah melakukan peninjauan secara langsung pada Selasa kemarin dengan mendatangi Labuan Bajo untuk meninjau secara langsung proses persiapan KTT ASEAN itu.


    "Jadi semua pertemuan dilakukan di satu titik dan Bapak Presiden sudah memeriksa secara keseluruhan. Selain itu, tadi Bapak dan Ibu Negara juga berkesempatan untuk melakukan pengecekan terakhir bagi tempat di mana akan dilakukan spouse program," kata Retno.

    Komodo Dragon eating deer, komodo, Labuan Bajo Indonesia
    Seekor Komodo sedang memakan kambing


    Ia mengatakan pelaksanaan KTT ASEAN kali ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 10 hingga 11 Mei 2023 mendatang.


    Retno menambahkan pertemuan di hari pertama akan dipimpin langsung presiden RI Ir  Joko Widodo sementara pertemuan di hari kedua akan dipimpin oleh presiden Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.


    KTT ASEAN Dihadiri 11 Negara

    Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara ASEAN kali ini akan dihadiri oleh delegasi dari 11 negara anggota.


    Adapun daftar negara-negara anggota ASEAN itu yakni Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Laos, dan Timor Leste.


    Untuk tahun 2023 ini Indonesia memegang tampuk kekuasaan sebagai ketua umum ASEAN yang berlangsung selama setahun dari Januari hingga Desember tahun 2023.


    Presiden Joko Widodo mengatakan keketuaan Indonesia di ASEAN diterima Indonesia tahun ini ketika dunia tengah dihadapkan dengan beragam situasi global yang tak menentu.


    Presiden optimis jika Indonesia akan berkontribusi bagi penemuan solusi dari berbagai persoalan regional dan global yang banyak dihadapi oleh negara-negara di kawasan ASEAN.


    “Tahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, perang, semuanya sedang terjadi,” kata Jokowi, dikutip dari keterangan resmi pada 30 Januari lalu.


    Baca Juga

    KTT Asean di Labuan Bajo, dari Okupansi Hotel Hingga Upah Pekerja yang Masih Nunggak


    Labuan Bajo Bersiap Jadi Tuan Rumah KTT Asean


    Resmikan Jalan ke Golo Mori, Jokowi Komit Kembangkan Pariwisata Labuan Bajo

    Komentar

    Tampilkan

    Viral