- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Prosesi Semana Santa 2023 Didominasi Peziarah Pria

    By Antonius Rahu | Editor Tony R
    07 April, 2023, 08:28 WIB Last Updated 2023-04-07T03:01:03Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

    Patung Viadolorosa Larantuka


    [Congkasae.com/Kereba] Sedikitnya 7110 orang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti tradisi semana santa di Larantuka, Flores Timur. 


    Jumlah tersebut diketahui dari panitia pelaksana Tradisi Semana Santa Larantuka tahun 2023. 


    Ketua bidang peliputan dokumentasi dan acara prosesi Semana Santa tahun 2023 Heri Lamawuran mengatakan para peziarah yang telah mendaftarkan diri itu bukan hanya beragama Katolik akan tetapi berasal dari agama lain di Indonesia.


    "Tapi juga seluruh agama di Indonesia,"kata Heri di Larantuka Kamis kemarin.


    Menurut Heri para peziarah yang tercatat dalam sistem itu berasal dari dua mekanisme pendaftaran yakni mekanisme pendaftaran Daring (Dalam Jaringan) dan pendaftaran secara luring (Luar Jaringan).


    Ia menambahkan para peziarah yang melakukan pendaftaran secara luring langsung mendapatkan kartu identitas yang hampir mencapai 2.410 peziarah.


    Heri melanjutkan para peziarah yang melakukan pendaftaran secara daring bisa langsung mendaftarkan ID Card khusus untuk bisa mengikuti rangkaian acara semana santa 2023.


    "Berdasarkan jenis kelamin, para peziarah pria lebih banyak ketimbang pezirah wanita,"kata Heri Lamawuran.


    Ia menambahkan peziarah pria sudah mencapai 5.692 jumlah ini lebih banyak ketimbang para peziarah wanita yang hanya berjumlah 1.425 orang peziarah.


    "Berdasarkan agama, para peziarah Katolik berjumlah 6.854 orang, Konghucu 1.386 orang, Protestan 180 orang, Isalam 48 orang, Hindu 10 orang dan agama Budha satu orang,"tambah Heri.


    Ia berharap agar pelaksanaan prosesi semana santa tahun ini bisa berjalan dengan lancar, iapun meminta para peziarah untuk selalu mentaati setiap peraturan yang dibuat oleh panitia selama mengikuti ritus semana santa.


    Prosesi semana santa tahun 2023 merupakan yang pertama sejak ritus berusia 500 tahun lebih itu dihentikan selama 3 tahun akibat wabah corona sejak 2019 silam.


    Puncak perayaannya berlangsung pada hari ini Jumat 7 April 2023 yang diawali dengan ritus perarakan patung tua ma dan tuan Ana arak-arakan archa Tuan Ma dan Tuan Meninu itu terbagi dalam dua kategori yakni di laut melewati selat Gonzalo dan di darat.


    Doa Sang Raja

    Pelaksanaan prosesi Semana Santa tahun 2023 tak terlepas dari doa Raja Larantuka Don Andreas Martinus Diaz Viera de Gondinho.


    Raja Larantuka ini terus mendaraskan doa selama penutupan prosesi semana santa sejak tahun 2019 akibat pandemi covid 19 itu.


    Ia mengatakan dirinya memiliki kerinduan yang mendalam selama penutupan prosesi yang berusia 500 tahun itu.


    Namun kerinduan itu terjawab setelah pemerintah memperbolehkan dilaksanakannya semana santa.

    Komentar

    Tampilkan

    Viral