- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kapal Laut Bakal Jadi Hunian dan Rumah Sakit Bagi Peserta KTT Asean di Labuan Bajo

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    02 Mei, 2023, 15:16 WIB Last Updated 2023-05-02T08:20:31Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    KTT Asea di Labuan Bajo, KM Sinabung, Rumah Sakit Terapung, Labuan Bajo
    Kapal Laut Bakal disulap Jadi Hunian dan Rumah Sakit Terapung KTT Asean di Labuan Bajo


     [Congkasae.com/Kereba] Para wartawan media asing bakalan menginap di dalam Kapal Motor (KM) Sinabung selama mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Labuan Bajo.


    Informasi tersebut disampaikan jendral perhubungan laut Arif Toha, menurutnya KM Sinabung akan disulap menjadi tempat akomodasi bagi para jurnalis selama perhelatan KTT Asean.


    Hal tersebut dilakukan sebagai dampak dari keterbatasan tempat akomodasi khususnya bagi tamu yang datang ke Labuan Bajo.


    “Kapal Sinabung memiliki panjang 150 meter dan kapasitas untuk menampung kurang lebih 2.000 pax. Kapal ini akan disandarkan bersebelahan dengan kapal KRI yang difungsikan sebagai RS Terapung/Emergency di Dermaga Waterfront Labuan Bajo,” terang Arif dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).


    Ia mengatakan selain KM Sinabung ada juga KRI yang bakal difungsikan sebagai Rumah Sakit Terapung selama perhelatan KTT Asean di Labuan Bajo.


    Selain itu Arif menambahkan pihaknya akan mengerahkan 10 kapal Phinisi terbaik yang akan bersandar di depan kawasan hotel Meruorah sebagai hiasan laut dan background kegiatan KTT Asean 2023 di Labuan Bajo.


    “Penempatan kapal pinisi sebagai background ini merupakan salah satu upaya kita untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Labuan Bajo kepada tamu-tamu asing, sehingga dapat menjadi alternatif wisata lain di Indonesia selain Bali,” ujar Arif.


    Untuk arus transportasi laut, Arif mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholders untuk mengatur arus transportasi laut di sekitar kawasan waterfront Labuan Bajo.


    Selain itu pihak pemerintah juga menyediakan booth stand UMKM yang berada di sekitar kawasan water Front Marina Labuan Bajo.


    3000 Kamar Hotel di Labuan Bajo Terisi Penuh

    Sebelumnya Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, Silvester Wanggel mengatakan saat ini kondisi tempat pennginapan di Labuan Bajo sudah terisi penuh.


    Menurut Sil, tingkat ketersisian kamar hotel (okupansi) hotel-hotel yang berada di Labuan Bajo, Manggarai Barat hampir terisi penuh jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean awal bulan depan.

    Kapal Phinisi di Labuan Bajo, KTT Asean, Kapal Laut
    Potret kapal phinisi di sekitar teluk Bajo pada senja


    "Kamar hotel sudah Fully Booked,"kata Silvsester Wanggel di Labuan Bajo Selasa.


    Silvester Wanggel mengatakan pihak pemerintah bahkan membuat skema yang menjadikan rumah warga di Labuan Bajo sebagai penginapan sementara bagi para tamu yang datang.


    Hal tersebut, dilakukan dalam upaya mengantisipasi terjadinya kekurangan kamar akibat melonjaknya permintaan kamar hotel dari para tamu yang hadir.


    Silvester mengatakan even sekelas KTT Asean merupakan even besar, karenanya ia tak sudi jika perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi itu menimbulkan kesan yang tidak baik terutama terkait kenyamanan dari tamu yang datang.


    Menurut Sil, secara umum terdapat 117 hotel di kabupaten Manggarai Barat dimana mayoritas hotel-hotel tersebut berada di Labuan Bajo.


    Selain itu Sil mengatakan total kamar yang tersedia saat ini berjumlah 3000 kamar kendati demikian jumlah tersebut tak cukup menampung para tamu yang datang.


    Alutsista TNI Disiagakan di Labuan Bajo

    Sementara itu, ratusan kendaraan tempur milik TNI sudah dikerahkan ke Labuan Bajo sebagai upaya untuk mengamankan jalannya KTT Asean yang berlangsung 10 hingga 11 Mei mendatang.


    Kendaraan tempur yang diangkut menggunkan KRI Banjarmasin tersebut bertolak dari dermaga Kolinlamil Tanjung Periok Jakarta pada Sabtu 24 April lalu dan baru tiba di Labuan Bajo pada Senin (1/5) kemarin.


    Kapal tempur milik TNI dengan panjang badan kapal 125 meter itu terpantau langsung bersandar di dermaga yang berlokasi di depan Waterfront Labuan Bajo.


    Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Agung Ari Wibowo mengatakan secara keseluruhan terdapat 142 unit kendaraan tempur milik TNI yang diangkut KRI Banjarmasin untuk pengamanan KTT Asean di Labuan Bajo.


    Ia menambahkan adapun jenis kendaraan yang diangkut KRI Banjarmasin terdiri dari beragam jenis dengan teknologi terkini.


    BACA JUGA

    Hotel Penuh, Pemerintah Siapkan Sekolah di Labuan Bajo sebagai Hunian Peserta KTT Asean


    Kendaraan Tempur Canggih Milik TNI Disiapkan untuk Amankan KTT Asean di Labuan Bajo

    Komentar

    Tampilkan

    Viral