- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Siapa Uskup Labuan Bajo yang Bakal Diumumkan Hari Ini?

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    21 Juni, 2024, 09:07 WIB Last Updated 2024-06-21T02:13:32Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    Siapa Uskup Labuan Bajo yang Bakal Diumumkan Hari Ini


     [Congkasae.com/Kereba] Keuskupan Ruteng tengah menanti pengumuman uskup baru yang bakal menggembalakan umat di keuskupan Labuan Bajo yang baru dibentuk.


    Vikaris Jendral Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar Pr mengatakan sesuai dengan agenda yang telah dikeluarkan keuskupan Ruteng pengumuman uskup keuskupan Labuan Bajo itu akan dilakukan pada hari ini Jumat (21/6/2024).


    Ia meminta para imam dan seluruh umat untuk mendoakan sang gembala yang akan memimpin umat di keuskupan Labuan Bajo kelak.


    Alfons mengatakan pengumuman itu akan digelar pada hari Jumat ini sekitar pukul 17:30 Wita.


    "Bertempat di gereja St Maria diangkat ke surga, St Yoseph Katedral Ruteng,"kata Vikjen keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar di Ruteng, Jumat (21/6/2024).



    Ia mengatakan bagi umat yang berada di Labuan Bajo bisa mengikuti misa yang sama di paroki Rohkudus Labuan Bajo.


    Menurut Alfons hal tersebut juga sudah sesuai dengan undangan yang dikeluarkan kevikepan Labuan Bajo.


    Status kevikepan Labuan Bajo dinaikkan menjadi keuskupan setelah presiden Indonesia menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas dan masuk dalam kategori 10 Bali Baru.


    Sejak saat itu pemerintah menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan dan penataan kawasan Labuan Bajo sehingga menjadi lebih baik.


    Penetapan status 10 Bali Baru untuk Labuan Bajo sendiri disambut baik oleh gereja Katolik Indonesia dengan menaikkan status kevikepan Labuan Bajo menjadi keuskupan Labuan Bajo.


    Meski demikian siapa sosok yang akan menggembalakan umat Katolik di keuskupan Labuan Bajo kelak belum diketahui secara pasti.


    Untuk itu Vikaris Jendral Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar mengajak umat katolik di keuskupan itu untuk menyambut siapapun uskup terpilih dengan sukacita.


    "Sembari mendoakan agar uskup terpilih dilimpahi segala berkat dalam karya pelayanan,"ujarnya.


    Adapun wilayah administratif keuskupan Labuan Bajo meliputi wilayah administratif kevikepan Labuan Bajo selama ini yakni gereja katolik di kabupaten Manggarai Barat.


    Dengan pembentukan keuskupan Labuan Bajo ini, wilayah administratif keuskupan Ruteng menjadi lebih sempit yakni gereja katolik di kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.


    Wilayah administratif itu sendiri terbagi dalam 3 kevikepan yang meliputi Kevikepan Reo, Ruteng dan Kevikepan Borong.

    Komentar

    Tampilkan