Pulau Mules Akan Dijadikan Obyek Wisata Unggulan di Manggarai - Congkasae.com

Hoos ata werud

01 April, 2018

Pulau Mules Akan Dijadikan Obyek Wisata Unggulan di Manggarai

Pulau Mules 

[Conkasae.com/Wisata] Kabar gembira datang dari warga pulau Mules, yang terletak di kecamatan Satar Mese Barat, kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pasalnya, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, (Kemendes PDTT) telah menetapkan pulau Mules menjadi pulau yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata unggulan di kabupaten tersebut.

Sejumlah hal teknis terkait realisasi rencana tersebut telah dilakukan, baru-baru ini utusan khusus dari kemendes PDTT bersama bupati Manggarai, Deno Kamelus, telah mengunjungi pulau ini.

Menurut rencana, di pulau ini nantinya akan dinbangun jalan rabat beton mengintari pulau sepanjang 21 km. Jalan tersebut nantinya akan dijadikan salah satu destinasi bagi para pelancong.

Selain itu, kabar menariknya, Pemerintah melalui Kemendes PDTT juga telah menyediakan anggaran senilai 2,4 Miliar untuk pembangunan infrastruktur di pulau ini.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun homestay dan fasilitas pendukung lainnya untuk menunjang sektor pariwisata di pulau tersebut.

Saat ini, Pemerintah juga telah membangun dermaga Kayu di Dintor, yang menjadi salah satu akses masuk terdekat ke Pulau Mules.

Selain itu, pemerintah juga telah menyumbang kapal kayu yang digunakan untuk penyebrangan pelancong yang hendak ke Pulau Mules.

Pulau Mules merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau Flores, dan masuk kedalam wilayah administrasi kebupaten Manggarai.

Di pulau Mules, hanya ada satu desa, yang dihuni oleh sekitar 1000 penduduk. Desa tersebut bernama Desa Nuca Molas, nama tersebut diambil dari nama asli pulau Mules yakni Nuca Molas.

Hampir sebagian besar penduduk di pulau ini berprofesi sebagai nelayan dan sebagiannya lagi berprofesi sebagai peternak Sapi.

Bahasa yang digunakan oleh warga setempat merupakan bahasa campuran, yakni sebagian menggunakan bahasa Ende, bahasa Bima dan Bahasa Manggarai.

Di pulau Mules anda dapat menikmati keindahan pantainya dengan pasir putih bak di kepulauan Hawaii. Anda juga dapat menikmati indahnya hamparan padang rumput nan hijau yang diselingi dengan ternak Sapi milik warga.

Selain itu di pulau kecil ini juga terdapat bukit yang amat tinggi, sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi mendaki.

Selain itu hutan yang dihuni oleh monyet-monyet liar juga menjadi pemandangan alam yang menarik untuk dinimati.

Jika berkunjung ke Pulau Mules, anda bisa memulai perjalanan anda dari Ruteng atau Labuan Bajo, menuju Dintor.

Dari dermaga di Dintor anda akan menyebrang ke pulau ini dengan durasi waktu sekitar 30 menit. Jangan lupa bawa kamera dan perlengakapan anda sebelum berkunjung ke pulau ini.

No comments:

Post a Comment