9 Orang Positif Covid-19, NTT Kembali ke Zona Merah - Congkasae.com

News Update

30 April, 2020

9 Orang Positif Covid-19, NTT Kembali ke Zona Merah


[Congkasae.com/Kereba] Provinsi Nusa Tenggara Timur akhirnya kembali masuk ke zona merah kasus covid-19.

Perubahan status itu diperoleh dari hasil swab test yang dilakukan terhadap beberapa pasien dari NTT.

Tidak tanggung-tanggung hasil swab test kali ini terdapat 9 orang yang dinyatakan positif terinfeksi covid-19, sembilan orang ini berasal dari dua cluster yakni cluster Sukabumi dan cluster Goa.

"Perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan informasi yang diterima dari Jakarta hari ini kami umumkan bahwa terdapat 9 pasien positif  berasal dari dua cluster, yakni cluster Sukabumi dan cluster Goa,"kata kepala dinas kesehatan provinsi NTT Domi Mere dalam konferensi pers di Kupang, Kamis siang.

Domi menyebut dari sembilan orang positif covid-19 itu 7 orang diantaranya berasal dari cluster Sukabumi sementara dua orang lainnya berasal dari cluster Goa dan sedang diisolasi di RS Komodo Labuan Bajo.

"Untuk sebaran saat ini ada dua pasien yang positif covid-19 dan saat ini sedang diisolasi di kabupatenManggarai Barat, sisanya di kota Kupang. Kami sudah berkoordinasi dengan kepala dinas kesehatan Manggarai Barat untuk tempat isolasi di rumah sakit setempat,"tambah Domi.

Selain itu Domi Mere menyebut pihaknya akan segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten Manggarai Barat dan Kota Kupang untuk segera melakukan penelusuran terhadap riwayat pasien positif.

"Termasuk dengan siapa-siapa saja dia melakukan kontak selama ini, hal ini penting untuk diketahui,"terang Domi Mere.

Untuk itu ia meminta masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat telah terdapat sepuluh orang pasien positif Covid-19 di Provinsi kepulauan itu, di mana satu diantaranya berhasil sembuh.

"Oleh karena itu kita perlu tekankan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan agar sosial distancing dan phsycal distancing pakai masker dan hindari kerumunan benar-benar dilaksanakan di masyarakat,"pinta Domi.

NTT Kembali ke Zona Merah
Humas dan protokol setda Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan dengan ditemukannya 9 orang pasien positif Covid-19 maka provinsi NTT kembali masuk ke Zona merah.

Marius menyebut untuk sebaran pasiennya saat ini tersebar di dua daerah yakni di kota Kupang dan di daratan Flores tepatnya di Manggarai Barat.

"Sebarannya 7 orang berada di kota Kupang dan 2 orang di Flores tepatnya di Manggarai Barat,"kata Marius Ardu Jelamu di Kupang.

Untuk itu marius meminta seluruh lapisan masyarakat NTT untuk bahu membahu meredam sebaran covid-19 di provinsi kepulauan itu.

"Sesuai instruksi dari bapak Gubernur NTT agar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah itu harus dilaksanakan dengan disiplin,"pintanya.

Selain itu ia juga meminta agar pengawasan terhadap pelaku perjalanan harus dilakukan secara ketat hingga ke desa-desa dan RT/ RW.

Transportasi Masih Beroperasi Normal
Kendati demikian kapala dinas perhubungan Isyak Nuka mengatakan bahwa semua operasional alat transportasi darat laut dan udara di wilayah provinsi NTT masih mengikuti keputusan sebelumnya.

"Kebijakannya masih sama, masih sesuai dengan kebijakan yang sudah kita keluarkan beberapa waktu lalu,"kata Isyak Nuka.

Kepala dinas perhubungan itu meminta masyarakat NTT untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah jika hendak bepergian.

"Kami mengimbau kepada semua pelaku perjalanan jika perjalanan anda tidak penting-penting sekali kami himbau untuk tidak melakukan perjalanan,"pinta Isyak.

Penulis: Antonius Rahu


No comments:

Post a Comment