Bangun Jalan Tol di Labuan Bajo, Pemerintah Kaji Sejumlah Opsi - Congkasae.com

News Update

13 September, 2020

Bangun Jalan Tol di Labuan Bajo, Pemerintah Kaji Sejumlah Opsi



[Congkasae.com/Kereba] Pemerintah pusat bersama pemprov NTT dikabarkan tengah mengkaji sebuah rencana pembangunan jalan tol di Labuan Bajo, Flores, NTT.


Informasi tersebut diperoleh dari Humas Setda provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu. 


Menurut Marius, rencana pembangunan jalan tol di kota pariwisata super premium itu sedang dibahas sejumlah pemangku kebijakan, termasuk pemprov NTT, Bupati Mabar, menteri PUPR dan Badan Pengurus Jalan Toll (BPJT) di Labuan Bajo.


"Sedang dalam proses pengkajian untuk membangun jalan tol di Labuan Bajo,"kata Marius Jelamu dikutip Antara Senin pagi.


Marius menambahkan pembangunan jalan tol di ujung barat pulau Flores itu nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan.


"Jadi disesuaikan dengan dinamika ekonomi sosial di Labuan Bajo, kalau semakin maju dan membutuhkan transportasi yang cepat, maka akan dibangun,"terang Marius Jelamu.


Humas setda Nusa Tenggara Timur itu mencontohkan pembangunan jalan tol Bali Mandara yang menghubungkan Nusa Dua dengan Denpasar yang dibangun berdasarkan kebutuhan transportasi cepat.


Menurut Marius hal yang sama bisa saja dibangun di kota pariwisata Labuan Bajo,"seperti akses jalan tol dari bandara menuju tanah Mori, bisa saja suatu waktu dibangun jalan tol,"kata Marius menambahkan.


Marius juga mengatakan ide pembangunan jalan tol di Labuan Bajo itu pertama kali datang dari dirjen Bina Marga kementrian PUPR ketika menghadiri rapat koordinasi badan pengurus jalan tol di Labuan Bajo.


"[untuk pendanaan] pemerintah gandeng investor, terbuka untuk investor dalam maupun luar negeri,"tambah Marius Jelamu.


Kendati masih dalam tahap kajian Pemprov NTT, dikatakan Marius, siap mendukung rencana pembangunan jalan tol di kota pariwisata Labuan Bajo.


"Kita akan siap duduk bersama antara kementrian dan investor dan berbagai pihak terkait,"ucap Marius Jelamu.


Penulis: Tonny

No comments:

Post a Comment