- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Persingkat Jarak Tempuh, Jalur Pejek Eduk di Desa Mokel Morid Kapan Dikerjakan?

    30 Agustus, 2021, 30 Agustus WIB Last Updated 2021-08-30T03:18:14Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Crossway di wae Mokel perbatasan desa Mokel Morid dan desa Paang Leleng/Foto Congkasae.com


    [Congkasae.com/Kereba] Masalah akses jalan ke wilayah desa Mokel Morid dan desa Rana Mbata, kecamatan Kota Komba Utara kabupaten Manggarai Timur hingga saat ini masih mengalami kendala.


    Hal tersebut terjadi lantaran putusnya jalur penghubung antara desa Mokel Morid dan desa Paang Leleng tepatnya di kali Wae Mokel.


    Jalur tersebut merupakan jalur terpendek (Shortcut) yang bisa mempersingkat waktu dan jarak tempuh masyarakat apabilah hendak ke Borong.


    Kepala desa Mokel Morid, Bertoldus Dasulastri Sumin kepada media ini mengatakan saat ini jalur tersebut menjadi jalan alternatif bagi pengendara roda dua yang hendak ke Borong terutama di musim kemarau seperti saat ini.


    "Karena sangat singkat sekali, apabilah ke Borong hanya butuh waktu kurang dari sejam sudah sampai di desa Paang Leleng,"kata Kepala Desa Mokel Morid, Minggu kemarin di Mbata.



    Ia mengatakan selama ini masyarakat yang hendak ke Borong harus melewati Rana Mbeling, Mukun, Soki baru sampai di Paang Leleng.


    "Perbandingan jarak tempuhnya sangat jauh sekali apabilah shortcut Mokel Morid-Paang Leleng ini sudah dibangun,"tambahnya.


    Pantauan media ini Minggu (29/8) pagi kondisi jalan dari kampung Pejek desa Paang Leleng menuju kampung Eduk desa Mokel Morid cukup ekstrim lantaran baru selesai digusur.


    Kondisi medan yang bergelombang dengan tanjakan yang cukup ekstrim menyebabkan para pengendara roda dua harus ekstra hati-hati jika melewati jalur ini.


    "Belum lagi kondisinya memang berdebuh jadi memang harus hati-hati apabilah hendak melintasi jalur ini,"kata Robi salah seorang pengendara yang melintas.


    Untuk saat ini jalur tersebut hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, akibat kondisi jalan serta belum adanya crossway di sungai Wae Mokel.


    Berdasarkan penelusuran Congkasae.com jalan ini merupakan jalan kabupaten yang baru dibuka pada tahun 2019.


    Panjang jalur Shortcut Paang Leleng-Eduk ini diperkirakan hanya 3 hingga 4 km, karenanya jalur ini menjadi shortcut paling singkat bagi warga Mokel Morid, Rana Mbata dan warga Elar Selatan agar bisa sampai di Paang Leleng menuju Borong.


    Media ini sudah mengubungi kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Manggarai Timur namun belum berhasil.


    Penulis: Tonny

    Komentar

    Tampilkan





     

    Terkini