- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pulau Mules Jadi Destinasi Ekowisata Terbaik di NTT

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    31 Maret, 2023, 16:23 WIB Last Updated 2023-03-31T09:40:19Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
        Landscape perbukitan yang terletak di sebelah barat Pulau Mules

    [Congkasae.com/Travel] Pulau Mules atau yang lebih dikenal Nuca Molas di kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai bakal dipersiapkan jadi destinasi ekowisata unggulan di Provinsi NTT.


    Keindahan panorama alam dengan perbukitan yang tinggi menjulang serta pantai berpasir putih yang membentang sejauh mata memandang menjadikan pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau Flores itu selalu dirindukan.


    Kabar Baiknya Pulau Mules itu saat ini bakal dipersiapkan menjadi salah satu destinasi berbasis ekowisata terbaik di Provinsi NTT.


    Kabar tersebut diketahui setelah Ketua Tim Kerja Fasilitasi Perencanaan Destinasi, Direktorat Pengembangan Distinasi II, Ali Norman mengungkapkan rencana Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan mempersiapkan pulau mungil di sebelah selatan kabupaten Manggarai itu menjadi destinasi ekowisata dengan menyandang status Destinasi Super Prioritas (DSP).

    Topografi Pulau Flores dilihat dari dermaga spead boat di pulau Mules


    Norman mengatakan saat ini pihak pemerintah sedang melakukan kajian dalam upaya menyusun desain master plan pengembangan destinasi Wisata Pulau Mules dengan melibatkan institusi pendidikan tinggai di NTT seperti Undana Kupang dan Elbajo Komodus Labuan Bajo.


    "Saat ini master plannya masih dalam proses perampungan,"kata Ali Norman ketika menjadi pembicara dalam Fokus Group Discusion di Hotel Revayah Ruteng, Kamis kemarin.



    Menurut Norman, dari 15 rangkaian proses perampungan desain master plan itu saat ini baru masuk ke langkah ke 7 dengan topik utama mengadakan penjelasan kepada pemangku kepentingan terkait pengembangan destinasi wisata super prioritas Pulau Mules.


    Kendati demikian, Norman mengingatkan bahwa destinasi wisata Pulau Mules masuk kategori kawasan konservasi, karenanya pemerintah menjadikan destinasi wisata pulau mungil itu berlandaskan ekowisata yang berwawasan lingkungan dengan memperhatikan prinsip lingkungan dan budaya lokal setempat.


    "Sehingga pengembangannya harus sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi juga,"tambahnya.

    Kawasan pemukiman penduduk yang terdiri dari tiga kampung yakni Konggang, Labuan Taur dan kampung Peji


    Pemandangan alam di pulau Mules yang masih asri dengan landscape padang sabanah yang diselingi hutan lontar dengan background perbukitan di bagian barat pulau itu menambah cantik panorama alam pulau Mules.


    Selain landscape padang dan perbukitan yan menjulang tinggi, pulau ini juga menawarkan panorama alam pantai berpasir putih yang terbentang sejauh mata memandang.


    Selain itu dari kawasan dermaga spead boat kita bisa melihat landsacape pulau Flores dengan deretan pegunungan yang tinggi menjulang yang diapiti oleh awan tipis.


    Sementara dari masyarakat sekitar kalian akan disambut dengan senyum ramah jika berkunjung ke Pulau Mules.


    Secara administratif penduduk pulau ini masuk dalam wilayah kecamatan Satar Mese Barat dengan Dintos sebagai ibu kota kecamatan.

    Pemandangan dari salah satu puncak perbukitan di pulau Mules


    Mata pencaharian penduduk Mules merupakan nelayan dan juga peternak, di sini kalian akan sering menjumpai ternak warga seperti Sapi dan kambing yang tersebar di kawasan padang sabana yang membentang luas.


    Sementara suku asli yang mendiami pulau ini mayoritas berasal dari Ende dengan agama mayoritas Muslim.


    BACA JUGA

    Pulau Mules Akan Dijadikan Destinasi Wisata Unggulan di Manggarai


    Pulau Mules, Surga Tersembunyi di Laut Sawu NTT

    Komentar

    Tampilkan

    Viral