- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menang di Pilkades Rana Mbata, Yohanes Bosko Kurniawan Janji Rombak Aparatur Desa

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    24 Mei, 2023, 20:58 WIB Last Updated 2023-05-24T14:57:44Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

     

    Yohanes Bosko Kurniawan, Kades Rana Mbata
    Yohanes Bosko Kurniawan, Kades Rana Mbata Terpilih

    [Congkasae.com/Plitik] Ribuan warga desa Rana Mbata, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Flores mendatangi Tempat Pemungutan Suara untuk menentukan kepala desa itu Rabu (24/5).


    Pantauan media ini semenjak pukul 07:00 Wita, ratusan warga yang berada di TPS 01, meliputi warga Leda, Mbata, Rae, Waka tampak memadati TPS yang terletak di halaman SDK Mbata itu untuk menyalurkan suara mereka.


    Hal yang sama juga terjadi di lokasi TPS 02 yang terletak di halaman kampung Mesi,"dengan jumlah wajib pilih sebanyak 1.407 pemilik hak suara proses pemilihan kepala desa Rana Mbata berlangsung kondusif,"kata ketua Panitia Pemungutan Suara, Frederikus Aji di halaman desa Rana Mbata Rabu (24/5) siang.


    Pemilihan kepala desa kali ini diikuti oleh 4 pasangan calon kepala desa yakni Hendrikus Nderas, Yohanes Bosko Kurniawan, Yohanes Janggur dan Silvester Lumbang.


    Yohanes Unggul dengan 39,31% Dukungan Suara

    Pilkades Rana Mbata
    Proses arak-arakan kades Rana Mbata Terpilih oleh warga desa


    Hingga Rabu petang proses penghitungan suara selesai dilaksanakan persaingan ketat antara pasangan calon Yohanes Bosko Kurniawan dan Silvester Lumbang bersaing secara ketat di hampir semua TPS.


    Untuk TPS 01, Silvester Lumbang mendominasi perolehan suara dengan jumlah 187 suara, sementara Yohanes Bosko Kurniawan hanya meraih 80 suara, Hendrikus Nderas 5 suara dan Yohanes Janggur 66 suara.


    Sementara di TPS 02 yang meliputi Mesi, Kijung, Munde, dan Kese, Yohanes Bosko Kurniawan mengungguli perolehan suara dengan sebaran 167 suara untuk Yohanes Bosko Kurniawan, 81 suara  untuk Hendrikus Nderas, 53 suara untuk Yohanes Janggur dan 134 suara untuk Silvester Lumbang.


    Di TPS 03 yang meliputi Nonggu, Yohanes Bosko Kurniawan juga unggul dengan perolehan suara sebanyak 136 suara, Silvester Lumbang 73 suara, Yohanes Janggur 33 suara dan Hendrikus Nderas 13 suara.


    Sementara untuk TPS 04 yang meliputi Watu Rajong dan Kembo, Yohanes Bosko Kurniawan juga meraih suara terbanyak dengan 99 suara, disusul Yohanes Janggur 48 suara, Silvester Lumbang 40 suara dan Hendrikus Nderas 11 suara.


    Dengan sebaran perolehan suara tersebut Yohanes Bosko Kurniawan keluar sebagai kepala desa terpilih dengan capaian dukuangan 39,31% dukungan suara.


    Sementara di posisi kedua dicapai oleh Silvester Lumbang dengan 35,39% suara, di posisi ketiga diraih oleh Yohanes Janggur dengan perolehan suara 16,31% dan posisi keempat diaraih oleh Hendrikus Nderas dengan perolehan suara sebanyak 8,97%.


    Rombak Aparatur Desa 100 Hari Pertama

    Yohanes Bosko Kurniawan, Kades Rana Mbata
    Proses pemilihan di TPS 01


    Kepada media ini Kepala desa Rana Mbata terpilih Yohanes Bosko Kurniawan mengatakan akan melakukan perombakan aparatur desa Rana Mbata dalam 100 hari kerja pertama.


    Yohanes mengatakan bahwa kompetensi apatur desa sangat diperluhkan dalam mendukung kinerja dan program-program kepala desa ke depan.


    "Karena itu program kerja 100 hari pertama saya akan melakukan perombakan aparatur desa,"kata Yohanes Bosko Kurniawan di halaman kantor desa Rana Mbata Rabu siang.


    Menurut Yohanes Kurniawan perombakan akan dilakukan dalam waktu dekat demi kemajuan desa Rana Mbata yang lebih baik lagi dari sebelumnya.


    Yohanes mengatakan kemampuan aparatur desa yang baik akan mendorong keberhasilan semua program desa yang dilakukan.


    "Karena itu nanti para aparatur desa itu akan diberikan pelatihan secara berkala dan diisi oleh orang-orang yang berkompeten,"tambahnya.


    Tingkat Partisipasi Pemilih 87,13%

    Sementara itu ketua Panitia Pemungutan Suara pilkades Rana Mbata, Frederikus Aji mengatakan tingkat partisipasi pemilih dalam pilkades kali ini terbilang cukup tinggi dengan presentasi sebesar 87,13%.


    "Dari total wajib pilih yang ada sebesar 1.407 wajib pilih yang hadir di TPS itu berjumlah 1.226 orang,"kata Frederikus.


    Ia mengatakan tingkat partisipasi pemilih dalam proses pemilihan kepala desa kali ini cukup baik, dimana wajib pilih sudah antre sejak TPS dibuka pada pukul 07:00 Wita.


    Ia mengatakan proses pemilihan kepala desa kali ini berjalan dengan baik, tanpa adanya hambatan yang berarti.



    Komentar

    Tampilkan

    Viral