Ini Daftar Pertanyaan Penguji Yang Sering Ditanyakan Saat Ujian Proposal Skripsi - Congkasae.com

News Update

26 January, 2017

Ini Daftar Pertanyaan Penguji Yang Sering Ditanyakan Saat Ujian Proposal Skripsi





Hello pembaca setia saya dimana pun kalian berada, khususnya dari teman-teman mahasiswa nich,,,,,,yang lagi deg-degan karena sebentar lagi mungkin akan menghadapi ujian proposal skripsinya.


Kebetulan baru-baru ini saya juga baru saja mengikuti ujian proposal. Saya sendiri mengambil eksperimen dalam penelitian saya.

Nah.....salah satu kata yang sering bikin mahasiswa tingkat akhir mengerutkan dahi adalah kata” Ujian Proposal Skripsi”, mendengar kata ini, rasanya jantung langsung bedegub kencang tensi naik dan dahi tiba-tiba mengerut wkwkwkwk......

Karena yang dihadapi dalam ujian proposal adalah 3 orang dosen penguji, dan kita harus bisa mempertahankan argument yang sudah kita tulis dalam proposal yang sudah kita buat.

Jujur rasanya seperti sedang diadili karena telah melakukan tindak pidana pembunuhan hahahaha.....

Tapi santai saja hal tersebut akan dilalui dengan sangat tenang dan enjoi jika kita sudah mempersiapkan materi yang kita presentasikan nantinya dihadapan penguji.
 
dua orang teman saya sedang di uji
Berikut daftar pertanyaan yang sering diutarakan penguji saat ujian proposal skripsi

  Mengapa Anda Mengambil Judul Proposal Tersebut?

Jawablah dengan singkat dan jelas, mengapa anda mengambil judul proposal tersebut, jawabanya tentu saja ada di bagian latar belakang proposal anda, masing-masing kalian pasti tahu jawabanya. 

Ingat ujian proposal tidak bisa contek atau berbisik pada teman sebelah karena masing-masing kita beda judul proposal yang diajukan.

Apa Rumusan masalah dan tujuan penelitian anda?
  
Bagian ini biasanya ditanyakan jika anda membuat rumusan masalah yang tidak sesuai, tapi jika anda sudah buat sesuai dengan prosedurnya maka yakin bagian ini tidak akan ditanyakan.
 Apa kelebihan dan kekurangan Teori yang anda gunakan dalam penelitian?

Bagian ini sebenarnya tergantung pengujinya, ada penguji yang detail menanyakan ini, ada juga yang tidak menanyakan bagian teori yang kalian gunakan, sebaiknya siapkan saja siapa tahu dapat penguji yang detail.

Jelaskan kerangka berpikir yang anda buat.
 
Bagian ini kalian diminta menjelaskan krangka berpikir yang anda buat, ingat krangka berpikir itu mencakup apa masalah anda, dihubungkan dengan teori dan apa yang anda lakukan dalam penelitian anda nantinya. Jelasin secara singkat kalau diminta.


Apa instrument penelitian yang anda gunakan?
 
Instrument itu sebenarnya alat atau atribut yang anda gunakan dalam mengambil sample, ini dilihat di bab 3 proposal anda kalau saya sendiri menggunakan metode test ada banyak instrument penelitian seperti wawancara, angket dll


Jenis penelitian apa yang anda gunakan?
Jelaskan dengan singkat dan jelas jenis penelitian yang anda gunakan mengapa anda menggunakan jenis penelitian itu, kalau saya menggunakan quasai experiment (experiment semu) karena gejala yang ditimbul dalam penelitian saya bukan hanya akibat dari perlakuan (treatment) akan tetapi ada faktor lain yang mempengarahuinya.

Apa indicator keberhasilan dalam penelitian anda?
 
Jika anda diminta menjelaskan indicator keberhasilan penelitian anda maka jelaskan dengan singkat dan padat, tapi semuanya tergantung dosen penguji ada dosen yang menanyakanya ada juga yang tidak

 Apa statistic uji yang anda gunakan, mengapa menggunakan uji itu, apa kelebihan dan kekurangan uji statistic anda?

Bagian ini yang cukup membuat anda kewalahan karena berkaitan dengan statistic uji yang murni matematika pasti tahu donk.....hahaha 

Kalau saya kebetulan menggunakan uji analisis kovariansi ANAKOVA, jadi saya menggunakan uji ANAKOVA karena saya pertama jenis penelitian saya eksperimen, selain itu saya menggunakan variabel control dalam penelitian saya. 

Oh iya kalian harus tahu juga di statistic ujinya kalian, mengapa uji hipotesis pertama menggunakan uji t untuk eksperimen, terus untuk uji prasyaratnya kalian harus tahu mengapa menggunakan rumus-rumusnya siapa tahu ditanyakan hahahaha.......
 
ekspresi seusai ujia
Demikian saja uraian singkat saya kali ini guys, semoga bermanfaat bagi kalian ya.....GOOD LUCK 

Baca Juga








No comments:

Post a Comment