Solusi Corona, 150 ribu APD Akan Didistribusikan - Congkasae.com

News Update

23 March, 2020

Solusi Corona, 150 ribu APD Akan Didistribusikan


[Congkasae.com/Kereba] Mengantisipasi maraknya wabah Corona di tanah air, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah preventif.

Mulai dari tindakan meliburkan aktivitas kampus dan sekolah, melarang warganya berkumpul hingga pada kesiapan rumah sakit khusus untuk menampung para penderita virus corona.

Terkait penanganan pasien khsus penderita corona, pemerintah telah menyediakan rumah sakit wisma atlit.

Presiden Joko Widodo dalam jumpa persnya ketika meninjau persiapan rumah sakit Corona Wisma Atlit Kemayoran Jakarta pagi ini  Senin, 23 Maret 2020 mengatakan rumah sakit ini nantinya memiliki kapasitas 24.000 pasien.

Sore hari ini rumah sakit ini akan dipakai untuk merawat pasien covid -19. Untuk saat ini rumah sakit wisma atlit ini menyediakan kapasitas 2000 pasien yang siap digunakan.

Nantinya rumah sakit ini akan menangani pasien covid-19 pada tingkat ringan hingga berat.

Sementara untuk level pencegahan, presiden mengakui  jika saat ini peralatan kesehatan yang didatangkan dari China  sedang ditunggu di Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Presiden juga menyebutkan sejumlah 105 APD akan didistribusikan dengan rincian 50.000 untuk DKI Jakarta, Banten, Bogor dan 40.000 didistribusikan untuk provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

10.000 lainnya akan didistribusikan pada seluruh provinsi di luar Jawa dan sisanya sebagai cadangan. Sebanyak 180 negara berebutan untuk memiliki APD berupa masker, Hand Sanitzer

Disebutkan bahwa chloroquin mampu menyembuhkan covid 19 di beberapa negara dan untuk Indonesia sendiri pemerintah telah menyediakan 3 juta obat ini.

Penggunaan obat ini harus sesuai resep dokter dan tidak boleh dijual bebas.

Sementara itu tenaga kesehatan pada daerah tanggap darurat akan diberikan insetif perbulan dengan rincian masing-masing untuk dokter spesialis akan diberikan Rp. 15 juta per bulan, Rp. 10 juta diberikan pada dokter umum/gigi, perawat/bidan mendapat 7,5 juta dan tenaga medis lainnya mendapat Rp. 5 juta.

Penulis: Ani Paga
Editor: Antonius Rahu

No comments:

Post a Comment