- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dua Pesawat Nyaris Bertabrakan di Langit Akibat Kekeliruan Pihak ATC

    By Antonius Rahu | Editor Tony R
    27 Maret, 2023, 09:42 WIB Last Updated 2023-03-27T02:42:46Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    Ilustrasi tabrakan pesawat di Udara

    [Congkasae.com/Travel] Dua pesawat komersial nyaris bertabrakan di langit setelah pihak Air Traffic Control (ATC) memberi ijin terbang di rute yang sama untuk dua pesawat yang berbeda.


    Maskapai penerbangan Air Indian yang terbang dari bandara Newdelhi India menuju Kathmandu di Nepal hampir saja bertabrakan dengan Nepal Airline yang terbang dari Kuala Lumpur menuju bandara Kathmandu.


    Seperti dikutip laman Newindianexpress dua pesawat itu diberi rute penerbangan yang sama oleh pihak ATC bandara Kathmandu dengan ketinggian jelajah yang nyaris sama.


    Beruntung sang pilot Nepal Airline yang mengetahui hal tersebut dari alaram Radar pesawat  langsung memutuskan untuk turun ke ketinggian jelajah 7000 kaki sementara pesawat Air India bertahan di ketinggian jelajah 19.000 kaki.


    Insiden tersebut terjadi pada Jumat kemarin otoritas keselamatan penerbangan sipil di Nepal langsung memanggil dua staff ATC bandara Kathmandu untuk dimintai keterangan terkait insiden itu.


    Meski tak menimbulkan korban jiwa namun insiden itu sempat menuai perhatian publik lantaran sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan sipil.


    Saat ini otoritas keselamatan penerbangan sipil di Nepal tengah melakukan interogasi kepada dua staff ATC bandara Kathmandu.



    Terutama untuk menyelidiki ada tidaknya unsur kesengajaan pihak ATC dalam mengatur lalulintas penerbangan itu.


    Otoritas keselamatan penerbangan sipil Nepal belum memberikan pernyataan resmi pasca insiden itu dengan alasan sedang dilakukan investigasi mendalam.




    Komentar

    Tampilkan