- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pameran UMKM di Mukun Matim, Ajang Kebangkitan Sektor UMKM Pasca Pandemi

    By Antonius Rahu | Editor Tony R
    29 Maret, 2023, 06:47 WIB Last Updated 2023-03-29T07:55:45Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

    Beberapa gerai di pameran UMKM Mukun
    [Congkasae.com/Kereba] Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur resmi dibuka oleh bupati Manggarai Timur Andreas Agas.


    Hadir saat pembukaan Selasa (28/3) petang bupati Ande langsung disambut panitia dengan acara kapu.



    Kegiatan pameran UMKM yang diinisiasi oleh kelompok anak Muda Perkumpulan Calon Wirausahawan Pemula di  Kota Komba Utara itu dikemas dengan baik dan sukses menyedot perhatian hadirin akan sektor UMKM di wilayah itu.


    Dalam sambutan pembukanya Bupati Manggarai Timur Andreas Agas memuji apa yang telah dilakukan oleh anak muda di Kota Komba Utara.


    "Ada dua tipe manusia yang pertama tipe manusia  yang diatur seperti pegawai pemerintah yang bekerja di birokrat, yang kedua tipe manusia yang mengatur yaitu pengusaha,"kata Andreas Agas di Mukun.

    Beberapa produk kerjaninan ikut dipamerkan


    Tipe manusia yang mengatur, lanjut Ande, bisa mengatur dirinya sendiri termasuk cara memperoleh penghasilan untuk menghidupi dirinya sendiri.


    "Dan itu juga dilakukan oleh pelaku usaha seperti pelaku UMKM,"tambahnya.


    Hal senada juga diutarakan oleh ketua panitia pelaksana Hironimus Wahyu Toi S.Sos M.MKNM, menurut Hiro, pameran UMKM di Mukun itu sebagai ajang untuk menggarap sektor UMKM yang terbengkalai pasca pandemi Covid 19.


    Ia juga mengatakan pameran itu dibuat untuk memotivasi kaum muda yang sulit mendapatkan pekerjaan akibat minimnya ketersediaan pekerjaan di sektor informal termasuk minimnya skill kaum muda.


    "Jadi melalui Pameran UMKM ini kaum muda kita dorong agar terjun di sektor UMKM,"kata Hironimus Wahyu Toi.


    Pameran UMKM di Mukun Manggarai Timur akan berlangsung hingga 30 Maret mendatang dengan kegiatan seminar kewirausahaan.

    Kelompok pengrajin Desa Rana Mbata terlibat dalam pameran UMKM di Mukun


    Dalam kegiatan seminar itu sejumlah pembicara seperti dosen Unika St Paulus Ruteng, Mantovani Tapung, bupati Manggarai Timur Andreas Agas akan menjadi pembicara utama disamping anggota DPRD NTT Fraksi Demokrat Bonefasius Jebarus, dan Anggota DPRD Manggarai Timur Tarsan Talus menjadi pembicara dua.


    Sementara institusi pemerintah seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga terlibat aktif dengan memberi pelayanan data kependudukan bagi masyarakat di pameran UMKM itu.


    Dari masyarakat para pengrajin seperti kaum ibu yang memiliki ketrampilan menganyam juga aktif dalam pameran itu dengan membuka gerai di lokasi.


    Selain pengrajin usaha kuliner juga seperti makanan dan minuman.


    Pameran itu juga diisi dengan sejumlah kegiatan lain seperti pentas musik yang menghadirkan musisi beraliran reaggae asal Desa Rana Mbata Arie.


    Serta kegiatan hiburan stand up Comedy yang dibawakan oleh anak muda asal Kota Komba Utara Itok Aman.

    Komentar

    Tampilkan

    Viral