- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Para Peziarah Semana Santa 2023 Wajib Vaksinasi Booster

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    19 Maret, 2023, 10:18 WIB Last Updated 2023-03-19T03:18:13Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

    Katedral Larantuka Flores Timur
    [Congkasae.com/Kereba] Tradisi semana santa di Larantuka, Flores Timur kembali dibuka untuk umum setelah sempat ditutup selama tiga tahun untuk umum akibat pandemi covid 19.


    Tradisi peninggalan bangsa Portugis yang berusia 500 tahun lebih itu menyedot kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara setiap tahunnya.


    Namun tradisi arak-arakan patung Bunda Maria dan patung Tuhan Yesus pada puncak perayaan pekan suci Paskah di kota Larantuka itu kembali dibuka untuk umum setelah sempat ditutup sejak tahun 2020 lalu.


    Kendati demikian Keuskupan Larantuka sebagai otoritas penyelenggara menerapkan aturan khusus bagi para peziarah semana santa tahun 2023.


    Konforia Reinha Rosari keuskupan Larantuka Aleks Koten mengatakan untuk teknis penyelenggaraan tradisi semana santa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana setiap peziarah diwajibkan melakukan vaksinasi booster.


    "Petugas akan melakukan pengecekan dokumen terkait vaksinasi,"kata Aleks di Larantuka.


    Ia menambahkan pemberlakuan aturan wajib vaksinasi booster bagi para peziarah itu sejalan dengan keputusan bersama yang dikeluarkan keuskupan Larantuka.


    Untuk itu Aleks mengimbau para peziarah yang datang untuk mempersiapkan dokumen terkait vaksinasi covid 19.


    "Yang belum vaksin booster ayo vaksin dulu."kata Aleks.


    Sementara itu uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung dalam suratnya meminta semua stakeholder terkait untuk mempersiapkan segala hal terkait penyelenggaraan tradisi semana santa tahun ini.


    Uskup Larantuka itu mengimbau para konforia terutama dari suku-suku semana untuk melakukan pertobatan, pengakuan dosa pribadi dan rekoleksi jelang penyelenggaraan semana santa tahun ini.


    "Para imam juga diminta untuk memerhatikan aspek rohani ini agar semua umat siap merayakannya,"kata uskup Larantuka.


    Sementara terkait teknis pelaksanaan uskup Larantuka itu menekankan para peziarah untuk melengkapi berkas terkait vaksinasi booster yang ditetapkan pihak penyelenggara.


    Uskup Fransiskus meminta agar para peziarah sudah melakukan vaksinasi covid 19 tahap tiga,"karena hanya orang yang sudah divaksin booster yang diperbolehkan ikut dalam perayaan semana santa di situs-situs rohani,"tambahnya.


    Tradisi semana santa dilakukan pada pekan suci perayaan Paskah yang diawali Rabu trewa dimana malam harinya penduduk kota Larantuka membunyikan benda benda seperti sing, drum bekas, pipa, besi di jalanan sebagai peringatan detik-detik penangkapan Yesus seperti ditulis dalam alkitab.


    Tradisi dilanjutkan hingga hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu Paskah, tradisi ini sudah berlangsung selama berabad-abad lamanya.

    Penulis: Tony

    BACA JUGA

    Sejarah Semana Santa di Larantuka

    Komentar

    Tampilkan

    Viral