Kunjungan Wisatawan ke Wae Rebo Meningkat Drastis - Congkasae.com

Hoos ata werud

09 April, 2018

Kunjungan Wisatawan ke Wae Rebo Meningkat Drastis

Wae Rebo Manggarai


[Congkasae.com/Wisata] Jumlah kunjungan ke obyek wisata Wae Rebo di Manggarai, Flores, NTT mengalami peningkatan sepanjang tahun 2017.
Berdasarkan data yang dirilis oleh Lembaga Pelestarian Budaya Wae Rebo sebagai pihak pengelola destinasi wisata itu, sepanjang tahun 2017 lalu jumlah kunjungan ke kampung tradisional itu tercatat sebanyak 7.000 orang.
Jika dibandingkan dengan data di tahun sebelumnya, Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 40 persen dari tahun 2016 yang hanya berjumlah 5.000 orang.
Menurut Marselus Esbi selaku manajer harian lembaga Pelestarian Budaya Wae Rebo, sebanyak 85 persen pengunjung adalah wisatawan domestik, terutama wisatawan yang berasal dari Jawa.
Jumlah tersebut diprediksi melonjak drastis di tahun 2018 seiring dengan semakin terkenalnya obyek wisata kampung adat Wae Rebo di dunia internasional.
Dalam tiga tahun terakhir, pengelola obyek wisata ini juga mengembangkan paket wisata tambahan, antara lain jelajah kopi, malam budaya dan menikmati air terjun.
Pengunjung kebanyakan berminat dengan paket malam budaya dan jelajah kopi. Paket-paket tambahan tersebut dikembangkan untuk mendukung wisata utama.
Obyek wisata Wae Rebo terdiri dari tujuh rumah berbentuk kerucut, yang dalam Bahasa Manggarai disebut mbaru niang.
Rumah tradisional itu dibuat dari bahan-bahan lokal, seperti ilalang dan ijuk untuk atap, kayu sebagai tiang, dan papan sebagai lantai panggung.
Ketujuh rumah kerucut tersebut menyajikan pemandangan indah karena berada di lembah yang dikelilingi hutan lebat.

No comments:

Post a Comment