- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pro Kontra PLTP Ulumbu, dari Isu Relokasi Warga Hingga Dukungan Pemerintah Jerman

    congkasae.com | Editor: Antonius Rahu
    15 Maret, 2023, 11:24 WIB Last Updated 2023-03-16T01:57:28Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

    Salah satu titik Pengeboran Panas Bumi di Ulumbu

    "Pemerintah Jerman siap mendukung dan mendanai proyek lanjutan pengembangan kapasitas Ulumbu,"kata Loewen.

    [Congkasae.com/Kereba] Pihak PLN membantah perihal adanya isu relokasi warga Poco Leok terkait pembangunan Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu yang berkembang di masyarakat.


    Ketua tim kominikasi PT PLN Persero UIP Bali Nusra, Irvan. J. Lalu membantah soal adanya isu relokasi warga yang bermukim di sekitar lokasi pembangunan PLTP Ulumbu.


    Irvan mengatakan dalam master plan pembangunan PLTP Ulumbu tak pernah menyebutkan soal relokasi warga yang bermukim di sekitar kawasan PLTP Ulumbu.


    "Isu soal ada relokasi kita dalami serius, isu itu dari mana?" tanya Irvan ketika ditanyai wartawan Selasa (14/3) kemarin di Ruteng.


    Karenanya Irvan mengingatkan soal proses pembangunan PLTP Ulumbu yang masih melalui sejumlah tahapan termasuk kajian dari aspek sosio kultural, adat, ekonomi dan lingkungan.


    Kesemua kajian itu, kata Irvan, akan dilakukan secara terbuka dan transparan termasuk melibatkan semua elemen terkait.


    Irvan juga membantah soal adanya isu penetapan titik bor atau wall pad termasuk isu soal ganti rugi lahan dan tanaman warga.


    Ia mengatakan isu itu tidak benar, lantaran prosesnya belum sampai pada tahapan itu. 


    Proyek Didanai Pemerintah Jerman

    Rencana pengembangan PLTP Ulumbu/Congkasae.com


    Proyek pengembangan energi terbarukan milik PLN di kawasan geotermal Ulumbu mendapat dukungan dari pemerintah Jerman.


    Melalui Bank Pembangunan Kreditanstal Fur Wiederafbau (Kfw) pemerintah Jerman mengatakan pengembangan transisi energi terbarukan yang dibangun di Poco Leok, Kabupaten Manggarai, Flores itu akan membawa dampak positif bagi masyarakat Flores.


    Chief Financial Oficer Kfw Group Bern Loewen pun telah melakukan kunjungan kerja ke Ulumbu baru-baru ini.


    Kunjungan Loewen beserta rombongan itu dilakukan untuk melihat langsung kondisi Ulumbu termasuk melakukan pengamatan dan dampak yang ditimbulkan.


    Loewen mengatakan sejauh ini semuanya masih sangat bagus karenanya ia mendorong PLN Persero agar perlu melakukan pengembangan.


    "Sejauh ini sangat bagus,"kata Loewen.


    Loewen menambahkan pada prinsipnya pemerintah Jerman melalui Kfw Group mendukung transisi energi terbarukan yang dilakukan PLN hal tersebut sejalan dengan kampanye transisi energi terbarukan yang dilakukan negara negara barat termasuk Jerman.


    "Pemerintah Jerman siap mendukung dan mendanai proyek lanjutan pengembangan kapasitas Ulumbu,"kata Loewen.


    Lowewen mempercayai PLN Persero untuk menerapkan standar yang ketat dalam pengembangan kawasan PLTP Ulumbu termasuk dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.


    "Kami percaya PLN memiliki standar yang baik untuk perlindungan sosial dan lingkungan terhadap proyek yang kami danai,"tambah Loewen.


    Pro Kontra dalam Masyarakat

    Wacana transisi energi terbarukan PLTP Ulumbu milik PT PLN Persero di kawasan Poco Leok, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Flores  telah menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.


    Wacana peningkatan kapasitas 2 x 20 MW itu telah menimbulkan penolakan dari beberapa kelompok masyarakat namun demikian wacana itu juga mendapat dukungan dari masyarakat lain yang berada di sekitar kawasan Ulumbu.

    Bupati Manggarai Hery Nabit Ketika Dihadang warga penentang wacana pengembangan PLTP Ulumbu


    Menanggapi hal itu Bupati Manggarai Hery Nabit pun telah turun secara langsung ke lokasi untuk menyerap masukan dari kelompok masyarakat yang terpolarisasi kedalam dua kelompok yakni kelompok pendukung dan kelompok penentang wacana pengembangan PLTP Ulumbu.


    Bupati Hery Nabit mengakui pihaknya telah mendapatkan banyak masukan dari masyarakat sekitar soal rencana peningkatan kapasitas Listrik dari PLTP Ulumbu itu.


    Kendati demikian, Bupati Hery mengakui pihaknya akan menyampaikan aspirasi dari masyarakat itu kepada pihak PLN Persero sebagai bahan pertimbangan perusahaan listrik negara itu.


    Penulis: Tony

    Baca Juga

    Uap Ulumbu Berpotensi Hasilkan Listrik Hingga 1000MW


    Bupati Hery Nabit Dihadang Warganya Terkait Pengembangan PLTP Ulumbu


    Ulumbu, Murka Alam yang Membawa Berkah


    Komentar

    Tampilkan

    Viral